Pengamat Sebut Jokowi Ingkar Janji demi Partai

Pengamat Sebut Jokowi Ingkar Janji demi Partai
Pengamat Sebut Jokowi Ingkar Janji demi Partai

jpnn.com - JAKARTA - Pengamat politik dari Universitas Indonesia (UI), Agung Suprio menilai calon presiden dari PDI Perjuangan Joko Widodo sebagai sosok yang sangat tunduk pada kehendak PDI Perjuangan. Menurut Agung, pria yang dikenal dengan sapaan Jokowi itu bahkan rela mengingkari ucapannya sendiri demi menjalankan perintah partai pimpinan Megawati itu.

Hal ini terlihat jelas dengan keputusan Jokowi menggunakan pesawat milik partai untuk berkampanye di Banjarmasin dan Malang beberapa waktu lalu. Padahal, lanjut Agung, sebelumnya Jokowi menyatakan hanya mau naik pesawat kelas ekonomi saat berkampanye.

"Alasan Jokowi menggunakan pesawat pribadi semata-mata karena ikut partai. Artinya, Jokowi mengalah untuk beralih dari pesawat ekonomi ke pesawat pribadi karena kebijakan partai," kata Agung lewat pesan singkatnya, Jumat (4/4/).

Agung menjelaskan, masalah pesawat itu bisa menjadi proyeksi andai Jokowi kelak menjadi presiden. Agung meyakini bahwa Jokowi bakal sering berkorban dan mengalah demi kebijakan partai.

"Sebagian orang mungkin tidak mempermasalahkan ini. Namun bagi saya, hal yang kecil ini adalah cermin untuk melihat interaksi antara Jokowi dan partai dalam hal yang lebih besar termasuk dalam arena kekuasaan," paparnya.

Sebelumnya, Jokowi yang dikonfirmasi mengenai penggunaan pesawat pribadi mengaku hanya mengikuti partai. Hal tersebut dikatakannya usai acara groundbreaking RSUD Pasar Minggu, Ragunan Jakarta Selatan.

"Pesawat pribadi gimana? Apa saya punya pesawat? Itu partai yang menyediakan, saya hanya ikut saja. Itu partai, partai, partai. Bukan punya saya," katanya.(dil/jpnn)

 


JAKARTA - Pengamat politik dari Universitas Indonesia (UI), Agung Suprio menilai calon presiden dari PDI Perjuangan Joko Widodo sebagai sosok yang


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News