Tim Thomas-Uber Pertahankan Tensi Latihan

Tim Thomas-Uber Pertahankan Tensi Latihan
Tim Thomas-Uber Pertahankan Tensi Latihan

jpnn.com - JAKARTA - Kontingen Indonesia memilih untuk bertolak menuju ke New Delhi lebih awal. Sekalipun ajang Thomas-Uber Cup 2014 baru akan dilangsungkan pada 18-25 Mei mendatang, tim Merah Putih direncanakan berangkat siang ini. Praktis, Hendra Setiawan dkk akan memiliki sisa waktu maksimal lima hari sebelum pertandingan.

PP PBSI sengaja memberangkatkan pasukannya lebih awal sebagai bagian dari masa adaptasi di India. Baik untuk beradaptasi dengan kondisi iklim dan makanan selama berada di India, ataupun lapangan di Siri Fort Complex, New Delhi, tempat berlangsungnya kejuaraan bulutangkis dunia dua tahunan itu.

Namun, selama di India sebelum pertandingan, pebulu tangkis Indonesia tidak bisa berleha-leha. Sebab, di sana, mereka tetap akan merasakan "siksaan" sama seperti ketika menjalani sesi latihan di Pelatnas PBSI, Cipayung. Tim pelatih sepakat untuk tidak mengubah tensi latihan seperti saat di tanah air.

Hal tersebut seperti yang diungkapkan manajer tim Uber Cup Indonesia, Imelda Wigoena kepada Jawa Pos, kemarin (12/5).

"Dengan kondisi seperti ini, tidak boleh ditambah tensinya. Sekarang yang kami lakukan bagaimana me-maintenance saja supaya performa anak-anak tidak sampai menurun," ujarnya.

Tensi latihan yang dimaksud di sini adalah frekuensi berapa kali mereka menjalani sesi latihan setiap harinya. Selama karantinya misalnya. Sejak memulai padatnya latihan dalam karantina dan simulasi akhir April lalu, ke-20 pebulu tangkis wakil Indonesia menjalani sesi latihan padat dengan frekuensi dua kali sehari, pagi dan sore.

Nah, sekalipun mulai besok latihan tidak akan dilakukan di Cipayung lagi, sesi latihan tetap dua kali sehari. "Mungkin yang akan kami naikkan tensinya hanya dari menu latihan dengan titik berat di pematangan strategi saja. Itu semua kami serahkan ke pelatihnya masing-masing," tutur mantan pebulu tangkis era 1980-an itu.

Imelda mengakui, para pebulutangkisnya, baik di tim Uber ataupun Thomas tentunya merasakan kebosanan dengan pola latihan seperti ini. Tetapi, mau tidak mau ini harus tetap dipertahankan.

JAKARTA - Kontingen Indonesia memilih untuk bertolak menuju ke New Delhi lebih awal. Sekalipun ajang Thomas-Uber Cup 2014 baru akan dilangsungkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News