Rest In Peace, Bapak Pendiri Singapura Lee Kuan Yew Meninggal Dunia

Rest In Peace, Bapak Pendiri Singapura Lee Kuan Yew Meninggal Dunia
Pengumuman tentang meninggalnya Bapak Pendiri Singapura, Lee Kuan Yew yang disampaikan putra tertuanya sekaligus Perdana Menteri (PM) Singapura, Perdana Menteri Lee Hsien Loong dalam akun Facebook. Foto: Strait Times

jpnn.com - MANTAN Perdana Menteri (PM) Singapura, Lee Kuan Yew akhirnya meninggal dunia setelah dirawat di rumah sakit sejak 5 Februari lalu. Tokoh yang dihormati sebagai Bapak Pendiri Singapura itu meninggal dalam usia 91 tahun di Singapore General Hospital, Senin (23/3) dini hari.

Pengumuman tentang meninggalnya Lee itu disampaikan oleh putra tertuanya yang juga Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong. Dalam sebuah statement yang dikeluarkan kantor PM Singapura, Loong mengatakan bahwa ayahnya meninggal dunia pukul 03.18 waktu setempat.

“Perdana Menteri dengan duka mendalam mengumumkan meningalnya Bapak Lee Kuan Yew,” tulis pernyataan itu. “Bapak Lee meninggal dengan damai di Singapore General Hospital hari ini pukul 03.18 dalam usia 91 tahun.”

Sebelumnya, Loong selalu mengabaran kondisi ayahnya sejak dirawat pada 5 Februari lalu. Hampir setiap hari Loong memberikan kabar terbaru tentang kondisi ayahnya, termasuk saat mendapat suntikan antibiotik dari dokter. Kemarin (22/3), Loong mengabarkan bahwa kondisi ayahnya semain lemah.

Selanjutnya, Singapura menyiapkan penghormatan terakhir untuk Lee. Publik akan mendapat kesempatan untuk memberikan penghormatan terakhir bagi salah satu tokoh legendaris Asia itu.

Lee wafat dengan meninggalkan putra-putrinya, yakni Lee Hsien Loong (63), Lee Hsien Yang (57), Lee Wei Ling (60), dua putri mantu yaitu Ho Ching dan Lee Suet-Fern, serta tujuh cucu dan dua saudara kandung. Sebelumnya istri Lee, Kwa Geo Choo sudah terlebih dulu meninggal dunia pada 2010 silam di usia 89 tahun.

Lee dikenal sebagai bapak Singapura modern. Ia dilarikan ke rumah sakit pada 5 Februari lalu akibat penuemonia. Selama dirawat, Lee kebanjiran dukungan dan doa dari warganya yang selalu mengirim kartu ucapan maupun bunga ke rumah sakit tempatnya dirawat.

Lee  juga dikenal sebagai figur berpengaruh dalam sejarah Asia. Dia dikenal berhasil mengantarkan Singapura dari negeri bekas jajahan Inggris menjadi negara yang kuat di sektor keuangan dan memiliki pendapatan per kapita tertinggi di dunia.

MANTAN Perdana Menteri (PM) Singapura, Lee Kuan Yew akhirnya meninggal dunia setelah dirawat di rumah sakit sejak 5 Februari lalu. Tokoh yang dihormati

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News