1 Juni, Seluruh Masyarakat Aceh Dapat Askes

1 Juni, Seluruh Masyarakat Aceh Dapat Askes
1 Juni, Seluruh Masyarakat Aceh Dapat Askes
JAKARTA- Sejak 1 Juni mendatang, seluruh masyarakat di Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) memperoleh jaminan kesehatan gratis dari PT Akses. Jaminan kesehatan ini sebagai bentuk kerjasama antara pemerintah daerah NAD dengan PT Askes. Pemprov Aceh menanggung seluruh premi yang dibayarkan ke perusahaan  asuransi milik pemerintah tersebut.

"Iuran tersebut bersumber dari APBD provinsi, kabupaten/kota serta peserta. Sedangkan besaran iuran bervariasi tergantung pada jumlah peserta, aksesibilitas masyarakat untuk memperoleh pelayanan kesehatan, luasnya cakupan manfaat," jelas Dirut PT Askes I Gede Subawa, dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi IX DPR RI, Senin (17/5).

Selain NAD, ada beberapa daerah yang seluruh masyarakatnya akan menerima jaminan kesehatan dari PT Askes, yaitu Jawa Timur dan Sulawesi Selatan. Saat ini, daerah Jawa Barat masih dalam pembahasan bersama kedua lembaga tersebut.

Terkait dengan jaminan kesehatan daerah di Sulsel, Subawa mengatakan, karena alokasi anggaran di APBD Sulsel belum mempunyai jaminan sebesar Rp3.150 per jiwa per bulan, maka pemprov, pemkot/pemkab berencana menambah anggaran melalui APBD tambahan.

JAKARTA- Sejak 1 Juni mendatang, seluruh masyarakat di Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) memperoleh jaminan kesehatan gratis dari PT Akses. Jaminan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News