10 Ribu Pelari Mendaftar Riau Bhayangkara Run, Ekonomi Masyarakat Langsung Meroket

10 Ribu Pelari Mendaftar Riau Bhayangkara Run, Ekonomi Masyarakat Langsung Meroket
Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal saat berlari dalam event Riau Bhayangkara Run 2023 lalu. Foto: Bidhumas Polda Riau.

jpnn.com, PEKANBARU - Sebanyak sepuluh ribu orang sudah mendaftar pada kegiatan lari Riau Bhayangkara Run.

Tingginya antusias warga itu akan berimbas pada penginapan hingga kuliner yang akan laris keras.

Dosen Fakultas Ekonomi STIE Tuah Negeri Puji Ananda Irvan menyebut event Riau Bhayangkara Run memiliki efek jangka panjang terhadap ekonomi masyarakat, khususnya di Kota Pekanbaru.

Apalagi, saat dalam pelaksanaan event yang diinisiasi Kapolda Riau, Irjen Mohammad Iqbal itu, penyelenggara melibatkan UMKM masyarakat.

Menurut Puji, mengumpulkan 10 ribu orang untuk hadir dalam satu tempat tidaklah mudah.

“Jadi, ini selain event olahraga, juga berdampak kepada pengenalan daerah. Apalagi ada ribuan orang yang datang dari luar Pekanbaru atau Riau. Setidaknya, peserta datang menginap dan mencari kuliner, atau berbelanja dan mendatangi mal maupun pusat perbelanjaan," kata Puji Kamis (4/7).

Lulusan Magister Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Padang itu memaparkan ekonomi akan meningkat pesat karena ada UMKM yang dilibatkan.

Bila setengah dari total peserta berbelanja di UMKM satu orang rata-rata Rp100 ribu saja, maka ada Rp 500 juta perputaran ekonomi di kalangan UMKM pada saat itu.

Sebanyak 10 ribu peserta sudah mendaftar pada event lari Riau Bhayangkara Run, penginapan hingga kuliner diperkirakan laris keras.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News