100 Ribu Personel Amankan Piala Dunia

100 Ribu Personel Amankan Piala Dunia
100 Ribu Personel Amankan Piala Dunia

jpnn.com - RIO DE JANEIRO - Tuan rumah Brasil tak mau malu saat dihelatnya Paial Dunia 2014. Setidaknya 100 ribu personel keamanan akan ditempatkan di seluruh Brasil selama berlangsungnya ajang empat tahunan itu.  

Penyelenggara berusaha mencegah berulangnya aksi kerusuhan yang sempat mengguncang Brasil tahun lalu.
    
Staf khusus keamanan dan keselamatan pada perhelatan besar, Andrei Rodrigues, mengatakan total personel keamanan yang bertugas selama Piala Dunia akan berlipat ganda jumlahnya dari sewaktu digelarnya Piala Konfederasi 2013.
    
"Pada Juni tahun lalu, personel keamanan untuk Piala Konfederasi yang dikerahkan adalah 50 ribu orang yang dimobilisasi di seluruh Brasil. Kami memperkirakan bakal ada 100 ribu profesional keamanan yang akan disiapkan untuk Piala Dunia," ujar Rodrigues seperti dikutip AFP.
    
Personel yang disiapkan termasuk para petugas dari kepolisian dan militer. Tak ketinggalan Pasukan Nasional, kesatuan elit yang akan siaga diterjunkan jika diperlukan.
    
Rodrigues mengungkapkan hal itu usai melakukan tur selama sepekan ke-12 kota yang akan menjadi tuan rumah sejumlah. Dia mengumpulkan informasi mengenai pengaturan di setiap arena pertandingan dan kemudian akan melaporkannya kembali kepada Presiden Brasil Dilma Rousseff.
    
Pemerintah Brasil tak menampik adanya upaya untuk mengganggu kelancaran Piala Dunia yang dimulai Juni mendatang. Belajar dari kerusuhan massal yang terjadi jelang Piala Konfederasi lalu, mereka mengantisipasi berbagai hal yang mungkin terjadi.
    
Sisi keamanan kembali jadi fokus dalam sepekan terakhir. Kekerasan terjadi di Sao Paulo, saat salah satu klub lokal Corinthians melakukan latihan. Fans tim tersebut masuk ke lapangan latihan dan berusaha menyerang para pemainnya. (ady)


RIO DE JANEIRO - Tuan rumah Brasil tak mau malu saat dihelatnya Paial Dunia 2014. Setidaknya 100 ribu personel keamanan akan ditempatkan di seluruh


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News