100 Tokoh Koperasi Berpengaruh di Indonesia

100 Tokoh Koperasi Berpengaruh di Indonesia
Launching buku yang berjudul 'Apa dan Siapa 100 Orang Koperasi Indonesia' yang digelar di Royal Kuningan Hotel Jakarta, Kamis (11/10). Foto: supplied

jpnn.com, JAKARTA - Penggiat koperasi Irsyad Muchtar beserta sejumlah tokoh lainnya melakukan seleksi untuk memilih 100 orang paling berpengaruh dalam dunia koperasi di Indonesia.

Hal ini dilakukan untuk lebih memperkenalkan dunia koperasi dan mengangkat tokoh-tokoh koperasi di tanah air agar lebih dikenal oleh masyarakat luas.

Menurut Irsyad yang juga berprofesi sebagai penulis, selama ini penggiat koperasi kurang dikenal dan dunia koperasi itu sendiri belum terlalu mendapat tempat di hati masyarakat.

"Di Indonesia ada sekitar 130 ribu koperasi yang bagus. Namun, sejauh ini hanya terdengar beritanya delapan koperasi dinyatakan gagal bayar. Hal ini yang menjadi konsentrasi saya untuk mengangkat tokoh-tokoh koperasi di Indonesia," ungkap Irsyad di sela-sela launching buku yang berjudul 'Apa dan Siapa 100 Orang Koperasi Indonesia' yang digelar di Royal Kuningan Hotel Jakarta, Kamis (11/10).

Untuk memilih 100 orang tokoh yang memiliki pengaruh di dunia koperasi, lanjut Irsyad dibutuhkan sebuah tim yang memiliki dedikasi.

Tim tersebut beranggotakan Bagio dari Ikopin, Junaidi dari BRIN serta sejumlah tokoh dan jurnalis lainnya yang turut dilibatkan.

"100 orang yang paling berpengaruh dalam dunia koperasi di Indonesia telah saya kenal selama 20 hingga 30 tahun. Mereka tersaring dari sekitar 200 orang dan mengerucut pada 128 orang yang terpilih untuk kemudian diseleksi kembali hingga menjadi 100," tandas Irsyad.

Sebanyak 100 orang yang terpilih oleh tim, menurut Irsyad Muchtar, merupakan tokoh koperasi yang diseleksi dengan ketat dan memperoleh nilai tertinggi dari 128 orang yang dinilai.

Penggiat koperasi Irsyad Muchtar beserta sejumlah tokoh lainnya melakukan seleksi untuk memilih 100 orang paling berpengaruh dalam dunia koperasi di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News