15 Ribu Relawan Tak Akan Cukup

15 Ribu Relawan Tak Akan Cukup
15 Ribu Relawan Tak Akan Cukup

jpnn.com - BRASIL optimistis bakal mendapatkan kunjungan jutaan tamu saat Piala Dunia 2014 digelar. Entah yang bertujuan utama menyaksikan pertandingan atau tidak.

Pemerintah Brasil dan penyelenggara Piala Dunia (LOC) mengantisipasinya dengan program perekrutan relawan alias volunteer untuk memberi kenyamanan pada tamunya.
    
LOC sudah lebih dulu mengumumkan bakal membutuhkan sekitar 15 ribu relawan sepanjang Piala Dunia. Jumlah tersebut berpeluang membengkak jelang hari H. Untuk tujuan yang lebih umum, terutama pariwisata, Brasil butuh jumlah tambahan di berbagai bidang.
    
Sangat beralasan, sebab para profesional sedang disibukkan dengan pekerjaan masing-masing. Mustahil untuk merangkap tugas atau pekerjaan tersebut saat Piala Dunia yang bisa disebut sebagai puncak (peak) kunjungan. Lebih khusus di sekitar arena pertandingan, pekerjaan-pekerjaan kecil yang butuh detail, juga membutuhkan relawan yang tak sedikit.
    
Penyelenggara membutuhkan volunteer bukan saja di pertandingan. Mereka juga dibutuhkan di sistem transportasi seperti di bandara, terminal dan akses-akses menuju stadion, di semua kota penyelenggara. Peran yang sama, sukses dilaksanakan di Olimpiade London 2012.
    
"Para penonton berdatangan, dari satu laga ke laga lainnya, di berbagai kota. Penerbangan akan sibuk dan peluang terjadinya penambahan jadwal penerbangan akan sangat besar. Volunteer akan sangat dibutuhkan di tugas yang sulit dikendalikan para profesional mengingat kesibukan mereka di saat yang sama," beber Sekjen FIFA Jerome Valcke.
    
Valcke menyebut hal itu hanya sebagai contoh kecil. Karena itu, FIFA terus melakukan koordinasi dengan LOC dan pemerintah Brasil. Dengan waktu yang kian mepet, Valcke mengakui Brasil sudah berada dalam jalur yang tepat dalam ketersediaan relawan.
    
Sebelumnya, LOC mengakui juga menerima lamaran sebagai volunteer dari berbagai negara. Di tahap pertama, mereka memang hanya menerima pelamar domestik, yang jumlahnya mencapai 130 ribu. Namun, seiring perjalanan seleksi, para pelamar luar negeri mengajukan diri.
    
Para tamu dari berbagai negara dengan berbagai bahasa sebagai salah satu dari banyak alasan yang dikemukakan. Karena itu, mereka membuka kembali pendaftaran.
    
"Kami mencapai tahap yang menyadari bahwa kami membutuhkan orang-orang dengan profil berbeda: mereka yang memiliki kemampuan multilingual, memperlakukan orang yang berusia lanjut, berkebutuhan khusus, yang pasti membutuhkan keahlian khusus," ungkap Ronaldo, mantan bintang Brasil yang kini menjadi anggota LOC. (ady)


BRASIL optimistis bakal mendapatkan kunjungan jutaan tamu saat Piala Dunia 2014 digelar. Entah yang bertujuan utama menyaksikan pertandingan atau


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News