16 Kapal Asing Ditangkap

Sempat Adu tembak, Kapal Thailand Tenggelam

16 Kapal Asing Ditangkap
16 Kapal Asing Ditangkap
PONTIANAK- Departemen Kelautan dan Perikanan (DKP) bersama Polri berhasil mengamankan 16 kapal asing dalam Opersi Mandiri yang digelar 11-13 November. Ke-16 kapal asing tersebut adalah berasal dari Vietnam, serta 1 Malaysia dan 1 Thailand.

Dari jumlah itu, hanya 13 kapal yang digiring ke Stasiun Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Pontianak. Dua kapal Vietnam langsung mendeportasi anak buah kapal, sedangkan kapal berbendera Thailand melakukan perlawanan sehingga terjadi adu tembak. Akibatnya, kapal pencuri ikan tersebut ditenggelamkan, tiga ABK-nya tewas.

“Satu tewas tertembak, seorang kepalanya terbentur dan satu lagi tenggelam bersama kapal. Mereka melakukan perlawanan. Semuanya sudah kita selesaikan secara diplomatik dengan pemerintah yang bersangkutan,” jelas Dirjen DKP Aji Sularso..

Operasi Mandiri ini mengerahkan empat kapal DKP, empat kapal Polri, dua helikopter dan dua pesawat milik Polri. Semua kapal berbendera asing itu ditangkap sekitar 50 – 150 mil laut sebelah utara Kepulauan Ranai, Provinsi Kepri.

PONTIANAK- Departemen Kelautan dan Perikanan (DKP) bersama Polri berhasil mengamankan 16 kapal asing dalam Opersi Mandiri yang digelar 11-13 November.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News