16 Tewas Akibat Aksi Koboi Polisi

16 Tewas Akibat Aksi Koboi Polisi
16 Tewas Akibat Aksi Koboi Polisi
JAKARTA--Indonesian Police Watch (IPW) prihatin dengan banyaknya korban 'aksi koboi' anggota polisi. Ketua Presidium IPW, Neta S. Pane, mengatakan selama 2011 ada  16 orang tewas dan 69 lainnya luka tembak akibat kesewenang-wenangan polisi dalam menggunakan senjata apinya.

"Dalam catatan akhir tahun 2011, IPW mencatat 'aksi koboi' polisi itu ada dua kategori, yakni aksi main tembak dan aksi salah tembak," kata Neta Minggu (18/12), di Jakarta.

Dijelaskan Neta, aksi main tembak terjadi di sekitar wilayah tambang dan kawasan perkebunan. Tepatnya, kata dia, saat warga sedang memerjuangkan hak-haknya dalam sengketa dengan pengusaha tambang atau perkebunan. Sedangkan aksi salah tembak, menurut dia, terjadi saat polisi sedang mengejar pelaku kriminal.

"Akibat polisi tidak profesional, warga yang tidak berdosa menjadi korban. Selain itu di tahun 2011 ini ada dua polisi yang menembak istrinya. Satu tewas dan satu luka," katanya.

JAKARTA--Indonesian Police Watch (IPW) prihatin dengan banyaknya korban 'aksi koboi' anggota polisi. Ketua Presidium IPW, Neta S. Pane, mengatakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News