2 Kapal Angkatan Laut Jerman Bakal Berlabuh di Jakarta Minggu Depan, Ada Apa?

2 Kapal Angkatan Laut Jerman Bakal Berlabuh di Jakarta Minggu Depan, Ada Apa?
Arsip foto - Kapal fregat Bayern milik AL Jerman terlihat selama latihan Operasi Baltik (BALTOPS), Juni 2008. Foto: ANTARA/US Navy/Mike Banzhaf via Wikimedia Commons/as

jpnn.com, JAKARTA - Dua kapal Angkatan Laut Jerman, yang berlayar di Samudra Pasifik dan Hindia pada Juni hingga November, akan berlabuh di Jakarta pada 26-29 September dalam rangka Indo-Pacific Deployment 2024 (IPD24).

Kedua kapal tersebut adalah fregat FGS Baden-Württemberg dan kapal pengisi bahan bakar FGS Frankfurt am Main.

"Indo-Pacific Deployment 2024 menegaskan komitmen Jerman terhadap kebebasan dan keamanan jalur pelayaran dan peningkatan kerja sama keamanan maritim dengan sahabat-sahabat Jerman di Asia Tenggara, termasuk Indonesia," kata Duta Besar Jerman untuk Indonesia, ASEAN, dan Timor-Leste, Ina Lepel dalam siaran pers Kedutaan Besar Jerman di Jakarta, Kamis.

Menurut pernyataan tersebut, Indo-Pacific Deployment (IPD24) menjadi operasi paling rumit yang pernah dilaksanakan Angkatan Laut Jerman.

Indonesia adalah mitra keamanan kunci bagi Jerman di Asia Tenggara dan keduanya adalah pendukung kuat tatanan internasional berbasis aturan, kata pernyataan itu.

Kerja sama militer antara kedua negara ditandai dengan berbagai proyek bilateral, program pelatihan dan latihan, serta pertukaran rutin di tingkat pejabat tinggi maupun pakar antara Kementerian Pertahanan dan Angkatan Bersenjata masing-masing negara.

Satuan tugas Angkatan Laut Jerman akan mengelar latihan bilateral lepas pantai --yang dikenal sebagai PASSEX-- bersama Angkatan Laut Indonesia (TNI AL) pada 23-25 September mendatang.

Setelah bergabung dalam latihan RIMPAC (Rim Of The Pacific), latihan NOBLE RAVEN atas undangan Amerika Serikat-Jepang dan mengawasi pemberlakuan sanksi terhadap Korea Utara, kedua kapal tersebut melanjutkan pelayarannya dengan latihan gabungan bersama mitra-mitra keamanan di Asia Tenggara dan India.

Dua kapal Angkatan Laut Jerman akan berlabuh di Jakarta pada 26-29 September 2024 mendatang. Ada apa?

Sumber ANTARA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News