20 Hektar Sawah Kekeringan

20 Hektar Sawah Kekeringan
20 Hektar Sawah Kekeringan

jpnn.com - SERANG - Sebanyak 20 hektar sawah di Kampung Mandek, Desa Margaluyu, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, mengalami kekeringan. Hal ini terjadi karena sawah-sawah tersebut jauh dari sumber air.

Selain itu, cuaca yang tidak menentu dan debit air kali Cibanten serta air irigasi Pamarayan juga terus berkurang, sehingga tidak bisa mengairi seluruh sawah di bagian hilir, seperti Kasemen.

"Akibat kekeringan tersebut banyak petani yang mengalihkan pengelolaan lahan pertaniannya, dari tanaman padi ke palawija. Ada juga petani yang menunda masa tanamnya," kata Kepala Dinas Pertanian Kota Serang Edinata Sukarya, saat ditemui di sela sidang paripurna istimewa di DPRD Kota Serang, Selasa (24/9).

Diungkapkan Edinata, seharusnya Oktober ini para petani sudah menanam padi. Namun, dengan adanya kekeringan ini, diperkirakan banyak petani yang akan menunda masa tanam mereka. Sebab jika dipaksakan, hasilnya pun akan tidak baik, dan petani akan merugi.

"Jika kekeringan tidak segera diatasi, maka akan mempengaruhi produksi pertanian di Kota Serang. Apalagi anomali cuaca sampai saat ini belum bisa diprediksi, sehingga petani sendiri yang harus menyiasati sistem bertani mereka," katanya.

Edinata menambahkan, daerah yang menjadi langganan kekeringan merupakan daerah yang paling jauh dari kali Cibanten atau saluran irigasi. Saat normal saja, dengan debit air 18 000 liter perdetik, banyak areal pesawahan yang tidak terairi, apalagi saat ini Sungai Cibanten sudah mengering.

"Kami masih menunggu laporan dari kelompok tani, karena sangat mungkin jumlah lahan yang terkena kekeringan terus bertambah," ujarnya.

Ia menambahkan, untuk mengatasi masalah kekeringan di areal pesawahan yang terjadi setiap tahun di Kecamatan Kasemen, Dinas Pertanian Kota Serang mewacanakan pembangunan kolam penampungan air. Rencana tersebut sangat penting, mengingat debit air kali Cibanten dan air irigasi Pamarayan terus berkurang.

SERANG - Sebanyak 20 hektar sawah di Kampung Mandek, Desa Margaluyu, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, mengalami kekeringan. Hal ini terjadi karena

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News