20 UMK Binaan Pelindo Pameran di Cruise Market Day, BMTH

20 UMK Binaan Pelindo Pameran di Cruise Market Day, BMTH
Sebanyak 20 usaha mikro, dan kecil (UMK) binaan Pelindo berpartisipasi dalam ajang Pameran Cruise Market Day. Foto: dok Pelindo

jpnn.com, JAKARTA - Sebanyak 20 usaha mikro, dan kecil (UMK) binaan Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo berpartisipasi dalam ajang Pameran Cruise Market Day yang menjadi bagian dari Sail to Indonesia 2024.

Pameran ini berlangsung di Bali Maritime Tourism Hub (BMTH) Area Pengembangan 1, Benoa, Bali.

Direktur Sumber Daya Manusia dan Umum Pelindo Ihsanuddin Usman mengatakan kegiatan itu merupakan langkah awal Pelindo dalam mempromosikan BMTH sebagai pusat pariwisata maritim di Indonesia.

"Kami terus berupaya menjadikan Benoa sebagai the real maritime hub. Ini adalah langkah penting untuk mendorong kemajuan Indonesia. Kami berharap, melalui pameran ini, semakin banyak peluang UMK binaan Pelindo untuk memperluas jangkauan pasar mereka, baik di tingkat nasional maupun internasional," ujar Ihsanuddin Usman, dalam keterangannya, Jumat (11/10) .

Partisipasi UMK dalam acara ini juga bagian dari implementasi program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pelindo.

Ihsanuddin menyebut program TJSL berkomitmen untuk memberdayakan UMK binaan melalui berbagai kesempatan seperti pameran dan promosi, dengan tujuan mendorong pertumbuhan ekonomi lokal dan membuka akses pasar yang lebih luas.

Cruise Market Day yang digelar selama tiga hari menampilkan berbagai produk unggulan, seperti tenun khas Bali, kerajinan tangan, fesyen, perhiasan, sambal Bali, kopi, serta produk daur ulang unggulan.

Acara ini tidak hanya menarik minat wisatawan lokal, tetapi juga para yachter mancanegara yang hadir dalam Sail to Benoa, serta penumpang berbagai kapal pesiar. Tak hanya itu, antusiasme masyarakat Bali juga turut meramaikan Benoa Jazz Festival, yang merupakan bagian dari rangkaian Sail to Indonesia.

Beberapa kegiatan lain yang turut meramaikan acara besar ini adalah Food and Beverages Festival, Local Band and Benoa Jazz Festival.

Event tersebut membuka peluang UMK binaan Pelindo mempromosikan produknya ke pasar internasional.

Salah satu peserta UMK, Adi Surya dari Tenunalus Indonesia, menyambut baik pelaksanaan acara ini. "Kami sangat yakin bahwa kegiatan seperti ini akan membantu membawa produk lokal, seperti tenun dan kerajinan khas, ke pasar internasional," tuturnya.

Hal senada diungkapkan oleh Sinta Kristine, peserta UMK dari Yao Eco Craft. Dia berharap acara seperti ini bisa diperbanyak lagi di masa mendatang.

"Event seperti ini sangat mendukung UMK untuk berkembang. Semoga bisa ada lebih banyak acara serupa agar UMK semakin berdaya saing di pasar global," kata Sinta.(mcr10/jpnn)

Sebanyak 20 usaha mikro, dan kecil (UMK) binaan Pelindo berpartisipasi dalam ajang Pameran Cruise Market Day


Redaktur & Reporter : Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News