2006, Sudah Tahu Jembatan Abnormal

Polisi Kantongi Calon Tersangka

2006, Sudah Tahu Jembatan Abnormal
Foto: Kaltim Post/JPNN
TENGGARONG - Sebuah fakta mengejutkan diperoleh Kaltim Post (Grup JPNN). Berubahnya konstruksi Jembatan Kartanegara sudah diketahui sejak lima tahun lalu. Bukannya diperbaiki, kucuran dana untuk jembatan malah tidak pernah memadai.

Dokumen yang didapat Kaltim Post menunjukkan, Pemkab Kutai Kartanegara sebagai pemilik jembatan telah mengadakan pemeriksaan kondisi jembatan pada 2006. Adalah PT Indenes Utama Engineering Consultant yang mendapat tugas tersebut.

Setelah diperiksa, didapati chamber (ruang lurus) bentang tengah jembatan Kukar turun dengan elevasi 50 sentimeter dibandingkan pada 2001. Selain itu, pilar kedua mengalami perenggangan sebesar 18 cm. Padahal pada 2001 atau sejak digunakan, renggang itu hanya 8-10 cm. Info tersebut diperoleh dari Baharuddin (almarhum), mantan kepala Dinas Pekerjaan Umum Kukar.

Hasil pemeriksaan itu membuat Dinas PU selaku pengelola jembatan mengusulkan kegiatan pemeliharaan. Hal tersebut juga diketahui Kasubdit Teknik Jembatan Kementerian PU Herry Vasa dengan nilai perbaikan Rp 23 miliar. Ketika dikonfirmasi kebenaran dokumen yang diperoleh media ini, Kepala Dinas PU Kukar Didi Ramyadi tidak membantah.

TENGGARONG - Sebuah fakta mengejutkan diperoleh Kaltim Post (Grup JPNN). Berubahnya konstruksi Jembatan Kartanegara sudah diketahui sejak lima tahun

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News