2013, IPW Catat 21 Oknum Polri Terlibat 17 Kasus

2013, IPW Catat 21 Oknum Polri Terlibat 17 Kasus
2013, IPW Catat 21 Oknum Polri Terlibat 17 Kasus
JAKARTA - Indonesia Police Watch (IPW) mengungkap selama tiga bulan pertama tahun 2013 (Januari-Maret), ada 21 anggota Polri yang terlibat 17 kasus berat, lima di antaranya perwira.

Penyimpangan dan penyalahgunaan wewenang yang dilakukan 21 polisi ini menurut IPW akibat buruknya sistem pengawasan internal di kepolisian dan tidak maksimalnya pengawasan atasan terhadap bawahan.

"Ketujuhbelas kasus berat yang dilakukan 21 polisi itu adalah, empat kasus salah tembak, empat kasus penyalahgunaan narkoba, dan tiga kasus penganiayaan. Terakhir ada enam kasus polisi yang berprilaku menyimpang, seperti melakukan pemerkosaan, sodomi, dan perzinahan," kata Ketua Presidium IPW, Neta S Pane, di Jakarta, Senin (1/4).

Iptu Briston Napitupulu dari Polres Bulukumba misalnya, ditahan Divisi Propam Polda Sulselbar karena dipergoki berselingkuh dengan istri salah satu anak buahnya. "Tersangka nyaris dikeroyok massa karena sempat dikepung ratusan orang," ujar Neta.

JAKARTA - Indonesia Police Watch (IPW) mengungkap selama tiga bulan pertama tahun 2013 (Januari-Maret), ada 21 anggota Polri yang terlibat 17 kasus

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News