2014 Akan Jadi Milik City

Barca dan Juve Juga Favorit Utama

2014 Akan Jadi Milik City
Selebrasi pemain Manchester City. Getty Images

MANCHESTER - Lima liga elite Eropa sudah menyelesaikan dan hampir merampungkan paruh musim 2013-2014. Prediksi siapa yang akan menjadi juara sudah mengemuka. Dari semuanya, Premier League adalah liga yang paling kompetitif, ketat, dan sangat sukar ditebak hasil akhirnya.
    
Pada tahun baru 2014, Arsenal menempati posisi puncak klasemen dan menjadi juara paruh musim. Namun selisih poin antara posisi satu sampai tiga hanya dua angka saja. Artinya Arsenal, runner-up sementara Manchester City, dan peringkat ketiga Chelsea adalah kandidat utama perebutan gelar.        
Pengamat sepak bola dan bursa taruhan di Eropa kompak menjagokan tiga tim itu finis di posisi tiga teratas. Siapa yang akan menjadi juara? Semua sepakat Manchester City.

Alasannya, City adalah tim dengan materi pemain terbaik di Premier League musim ini. Chelsea yang kembali dilatih Jose Mourinho akan menjadi pengganggu utama. Sedangkan Arsenal, menurut sejumlah rumah bursa bakal melorot ke posisi ketiga.  The Gunners memiliki kekurangan menganga pada sektor penyerang tengah.
    
Premier Legaue 2013-2014 memang sudah diramalkan akan sangat seru. Liga ini menjadi yang paling sulit diramalkan dibandingkan empat liga top Eropa lainnya yakni Primera Division Spanyol, Bundesliga Jerman, Serie A Italia, serta Ligue 1 Prancis.   

Pensiunnya manajer legendaris Manchester United Sir Alex Ferguson pada awal musim ini membuat peta persaingan menjadi kembali terbuka. United ketika lepas dari Fergie"panggilan Alex Ferguson"bukanlah United yang sama. David Moyes bukanlah manajer sekaliber Fergie.

City sejatinya juga dilatih oleh manajer yang belum pernah meraih gelar di Eropa, Manuel Pellegrini. Namun, pria asal Cile tersebut disokong oleh organisasi yang luar biasa ambisius untuk meraih gelar. Dengan mengusung permainan menyerang, City tampil dahsyat dengan menyapu bersih sepuluh kemenangan di kandang sendiri musim ini.  
    
"Jika Pellegrini bisa menemukan solusi pada hasil jelek di kandang lawan, City akan menjadi juara. Namun Chelsea bersama Jose Mourinho akan menyulitkan dan bisa saja menyalip City," tulis Phil McNulty, koordinator jurnalis Sepak Bola BBC dalam kolomnya kemarin (30/12).
    
Selain Premier League, empat liga top Eropa lainnya relatif mudah diprediksi. Di Primera Division, Barcelona sangat dijagokan untuk menjadi juara.
    
Saat ini, Barca berada di puncak klasemen dengan poin 46, sama dengan yang dibukukan tim paling mengejutkan, Atletico Madrid. Barca meninggalkan Real Madrid dengan lima poin.
    
Namun Liga Spanyol pada akhirnya akan menjadi ajang balapan dua kuda pacu, Barca dan Real. Sedangkan Atletico yang sangat hebat pada paruh musim ini akan tergusur ke posisi ketiga. Kualitas pemain dan pecahnya konsentrasi di Liga Champions diprediksi membuat Atletico tercecer.
    
Sementara itu dari Serie A, Juventus sangat difavoritkan merebut scudetto ketiga secara beruntun. Kualitas Juve memang masih di atas pesaing-pesaing seperti AS Roma dan Napoli. Apalagi Juve sudah tersingkir dari Liga Champions. Jadi fokus pasukan Antonio Conte akan sepenuhnya berada di liga domestik.
    
Dari Bundesliga, hanya keajaiban yang menggagalkan ambisi pasukan Pep Guardiola, Bayern Muenchen untuk mempertahankan gelar. Sedangkan di Ligue 1 Prancis, Paris Saint-Germain (PSG) akan bersaing dengan tim kaya baru AS Monaco. Jebloknya Marseille dan Lyon membuat persaingan hanya akan berkutat pada PSG dan Monaco. (nur)


MANCHESTER - Lima liga elite Eropa sudah menyelesaikan dan hampir merampungkan paruh musim 2013-2014. Prediksi siapa yang akan menjadi juara sudah


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News