27 Tahun Meneliti, Belum Bisa Ungkap Misteri

27 Tahun Meneliti, Belum Bisa Ungkap Misteri
Edy Iskanto.
Petir, bagi sebagian besar orang, adalah fenomena alam yang menakutkan. Tapi, bagi Edy Iskanto, petir justru sesuatu yang terus diburu. Penelitiannya selama 27 tahun menjadikan Edy sebagai salah seorang pakar petir andal di tanah air.


AHMAD BAIDHOWI, Jakarta

PADA suatu sore mendung pekat menggumpal di atas perkebunan teh di kawasan Gunung Mas, Bogor. Sekelompok orang memperhatikan gumpalan awan itu dengan saksama. Sesaat kemudian, mereka menembakkan roket yang dihubungkan dengan kawat baja tipis. Dalam sekejap, roket melesat ke angkasa hingga ketinggian 500 sampai 1.000 meter, menembus gumpalan awan.

Tiba-tiba petir menyambar. Cahayanya yang menyilaukan mata merambat melalui kawat baja yang diikatkan pada roket, menghunjam ke tanah. Asap pekat pun mengepul, diiringi gelegar suara yang memekakkan telinga.

"Itu adalah roket pemicu petir. Kegiatan seperti itu kami lakukan berulang-ulang, ratusan kali. Itu merupakan rangkaian penelitian untuk mengukur kekuatan sambaran petir," ujar Edy Iskanto kepada Jawa Pos di kompleks Gedung Penelitian dan Pengembangan (Litbang) PLN pekan lalu (23/2).

Petir, bagi sebagian besar orang, adalah fenomena alam yang menakutkan. Tapi, bagi Edy Iskanto, petir justru sesuatu yang terus diburu. Penelitiannya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News