28,8 Juta Jiwa Jadi Pengungsi Di Dunia

28,8 Juta Jiwa Jadi Pengungsi Di Dunia
28,8 Juta Jiwa Jadi Pengungsi Di Dunia
JENEWA -- Konflik bersenjata, kekerasan dan pelanggaran hak asasi memaksa 28,8 juta jiwa menjadi pengungsi.  Jumlah pengungsi selama tahun 2012 ini merupakan rekor terbanyak dalam catatan Internal Displacement Monitoring Center (IDMC)  atau lembaga pengawasan pengungsi di Jenewa, Swiss.

"Ini rekor jumlah pengungsi, atau pengungsi internal, tahun lalu," kata Clare Spurrell dari IDMC seperti dilansir voa, Senin (29/4).

Para pakar mengatakan sebagian besar orang terpaksa meninggalkan rumah mereka merupakan pengungsi akibat krisis di Afrika dan Timur Tengah. Pengungsi di Suriah mencapai angka paling tinggi dengan jumlah 2,4 juta terdapat di dalam negara itu sendiri pada akhir 2012. Kolombia juga memiliki angka pengungsi dalam negeri yang paling tinggi dan diikuti Suriah dan Kongo.

"Ini merupakan peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya karena banyaknya pengungsi baru sepanjang tahun. Peningkatan hampir 50 persen dibandingkan dengan 2011, tahun sebelumnya," tambahnya.

JENEWA -- Konflik bersenjata, kekerasan dan pelanggaran hak asasi memaksa 28,8 juta jiwa menjadi pengungsi.  Jumlah pengungsi selama tahun 2012

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News