3 Kriteria Calon Menteri di Kabinet Pemerintahan Prabowo

3 Kriteria Calon Menteri di Kabinet Pemerintahan Prabowo
Presiden dan Wapres terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Juru Bicara Presiden terpilih Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak menyebutkan terdapat tiga kriteria bagi calon menteri yang akan duduk di kabinet pemerintahan Prabowo-Gibran Rakabuming Raka.

"Pak Prabowo memberikan kesempatan bagi siapa pun yang ingin berkontribusi dalam pemerintahan bila bisa memenuhi syarat yang diberikan Pak Prabowo," kata Dahnil beberapa waktu lalu.

Dahnil menyebutkan ketiga kriteria tersebut, yakni calon menteri dalam kabinet harus memiliki integritas, seiring dengan komitmen Prabowo yang ingin memberantas korupsi.

Kedua, harus memiliki kompetensi. Menurut Dahnil, sejak awal Prabowo ingin membentuk kabinet zaken atau kabinet menteri yang mengurus berbagai hal spesifik dalam pemerintahan sehingga calon menteri Prabowo nantinya harus memiliki kompetensi.

Kriteria ketiga, yaitu harus loyal terhadap Prabowo selaku panglima tertinggi dalam pemerintahan.

Sejauh ini, kata Dahnil, Prabowo sudah mengantongi beberapa nama yang akan dipilih sebagai menteri dalam kabinetnya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Saifullah Yusuf atau Gus Ipul mengatakan belum ada pembicaraan apa pun antara Prabowo dengan NU terkait kursi kabinet pada pemerintahan mendatang.

"Belum, kalau soal itu, belum ada. Ya kami serahkan sepenuhnya kepada Presiden. Kami beri dukungan penuh, mudah-mudahan sukses, lancar. Jadi, enggak ada pembicaraan apa pun terkait dengan kabinet," kata Gus Ipul yang juga Menteri Sosial ditemui di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin, seusai mendampingi kelompok disabilitas bertemu Presiden RI Joko Widodo.

Terdapat tiga kriteria bagi calon menteri yang akan duduk di kabinet pemerintahan Prabowo-Gibran Rakabuming Raka.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News