373 Siswa Tak Lulus Unas di Banten

373 Siswa Tak Lulus Unas di Banten
373 Siswa Tak Lulus Unas di Banten
SERANG - Sebanyak 373 siswa SMA/SMK dan MA (Madrasah aliyah, Red) se-Provinsi Banten tidak lulus Ujian Nasional (UN) tahun ini. Dari jumlah itu, paling banyak terdapat di Kabupaten Lebak dengan jumlah 133 siswa diikuti Kabupaten Serang sebanyak 92 siswa. Lalu, di Kabupaten Tangerang siswa yang tidak lulus 56 siswa, Kota Cilegon 26 siswa, Kota Serang 21 siswa. Sedangkan, Kota Tangerang dan Kota Tangsel masing-masing 17 siswa yang tak lulus UN.

Sedangkan yang paling rendah tingkat ketidaklulusan siswanya adalah Kabupaten Pandeglang yang hanya tercatat 11 siswa. ”Angka ketidaklulusan itu dari jumlah peserta UN sebanyak 99.025 siswa. Jadi, prosentase kelulusan siswa se-Provinsi Banten mencapai 99,62 persen atau 98,652 siswa yang lulus,” terang Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Provinsi Banten, Ajak Muslim, Selasa (16/5).

Dia juga mengatakan hasil UN 2011 ini meningkat dibandingkan 2010 lalu yang hanya 89,02 persen. Ajak juga mengatakan, kabupaten/kota yang memiliki prosentase kelulusan unas terendah ke depan akan menjadi perhatian pihaknya. ”Ini karena beberapa faktor. Misalnya ketersediaan sarana dan pra sarana  pendidikan, guru maupun unsur pendidikan lainnya yang minim. Semua faktor itu yang ada di semua daerah akan dievaluasi. Untuk perbaikan ke depan,” cetusnya.

Terkait siswa yang tidak lulus, Ajak mengatakan karena beberapa faktor, seperti nilai mata pelajaran yang diujikan sangat rendah, akumulasi nilai ujian sekolah tidak mencapai 60 persen dan rata-rata nilai rapor semester 1-5 di sekolah tidak mencapai 40 pesen. ”Untuk  siswa yang tidak lulus unas, kami mempersiapkan pelaksanaan ujian paket C,” ungkapnya lagi.

SERANG - Sebanyak 373 siswa SMA/SMK dan MA (Madrasah aliyah, Red) se-Provinsi Banten tidak lulus Ujian Nasional (UN) tahun ini. Dari jumlah itu,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News