4 Khasiat Buah Tomat

4 Khasiat Buah Tomat
Tomat. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - Buah tomat yang kaya manfaat sudah sejak dulu dipakai sebagai pelengkap rasa di hampir setiap hidangan. Cita rasanya yang gurih dan sedikit asam memang diketahui mengandung senyawa serupa umami, zat yang ada dalam monosodium glutamate (MSG).

Bedanya, kandungan umami dalam tomat terbentuk lebih alami, sehingga dipercaya lebih bersahabat untuk kesehatan tubuh. Maka tidak heran bila tomat kerap kali menjadi andalan para ibu dalam mengolah setiap jenis masakan.

Selain kaya dalam hal rasa, tomat juga ternyata menyimpan beragam manfaat untuk kesehatan. Mulai dari menjaga kesehatan saluran cerna, menangkal penuaan dini hingga menurunkan risiko serangan jantung. Berikut ini adalah berbagai khasiat buah tomat yang perlu Anda ketahui:

1. Sumber antioksidan

Semakin merah warna sebuah tomat, semakin tinggi pula kandungan lycopene di dalamnya, sebagai antioksidan yang sangat diperlukan tubuh untuk memerangi radikal bebas. Tidak hanya tomat segar, olahan tomat seperti saus tomat juga mengandung antioksidan yang serupa.

Selain lycopene, warna merah tomat juga mencerminkan tingginya kandungan beta karoten. Keduanya memegang peranan kunci dalam menjaga kesehatan jantung. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kadar lycopene dan beta karoten yang rendah pada tubuh dapat meningkatkan risiko stroke dan serangan jantung di kemudian hari.

2. Menjaga kesehatan saluran cerna

Dalam 1 buah tomat berukuran sedang, terkandung serat sebanyak 1.5 gram. Kandungan serat ini sangat baik untuk menjaga kelancaran dan kesehatan saluran cerna dalam menghindari sembelit. Bagi Anda yang ingin menjaga berat badan tetap stabil, tomat juga menjadi kuncinya.

Selain kaya dalam hal rasa, tomat juga ternyata menyimpan beragam manfaat untuk kesehatan.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News