40 Persen DPT Pemilih Pemula, Sosialisasi Harus Lebih Gencar

40 Persen DPT Pemilih Pemula, Sosialisasi Harus Lebih Gencar
Kegiatan sosialisasi oleh pihak KPU di salah satu SMA di Karimun, Kepulauan Riau, Sabtu (5/10/2024). ANTARA/HO-KPU Karimun.

jpnn.com - BATAM - Data menunjukkan sekitar 40 persen dari daftar pemilih tetap (DPT) untuk Pilkada Kepulauan Karimun 2024 merupakan pemilih pemula.

Menghadapi kondisi ini Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, Mardanus menilai sosialisasi harus lebih gencar dilakukan.

"Pemilih pemula di Karimun 40 persen dari DPT karena pemilih pemula termasuk purnawirawan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri)," ujar Mardanus saat dihubungi dari Batam, Sabtu (5/10).

Dia mengatakan banyak dari pemilih pemula merupakan Generasi Z yang berumur di bawah 27 tahun. Selain itu, juga banyak masyarakat yang belum merekam Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-e) dan masyarakat pindahan ke Karimun.

"Maka, sosialisasi menjadi fokus utama KPU dalam memastikan partisipasi cerdas dalam Pilkada 2024," ucapnya.

Selain pemilih pemula, kata dia, KPU Karimun juga memperhatikan pemilih milenial yang jumlahnya mencapai 33 persen dari DPT.

Total DPT di Karimun dibagi menjadi beberapa kategori umur. Perinciannya, pemilih dari generasi Z mencapai 25 persen (48.397 orang).

Generasi Y 33 persen (64.614 orang), generasi X 28 persen (54.317 orang), baby boomer 13 persen (24.388 orang) dan pre-boomer hanya satu persen (2.574 orang).

Sebanyak 40 persen dari DPT yang ada untuk Pilkada Kepulauan Karimun merupakan pemilih pemula. Sosialisasi harus lebih gencar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News