5 Manfaat Tomat yang Tidak Terduga, Ampuh Cegah Serangan Penyakit Ini

5 Manfaat Tomat yang Tidak Terduga, Ampuh Cegah Serangan Penyakit Ini
Ilustrasi jus tomat. Foto: (ANTARA/Shutterstock)

jpnn.com, JAKARTA - APAKAH Anda suka mengonsumsi tomat? Tomat merupakan salah satu buah yang kaya akan berbagai kandungan nutrisi.

Perlu diketahui, bahwa dalam 100 gram tomat bisa ditemukan berbagai kandungan nutrisi yang menyehatkan bagi tubuh, seperti: Air: 93 gram; Energi: 24 kalori; Protein: 2 gram; Lemak: 0.7 gram; Karbohidrat: 3.3 gram; Serat: 1.8 gram; Kalsium: 5 miligram (mg).

Selain itu, tomat juga mengandung Fosfor: 27 mg; Zat besi: 0.5 mg; Natrium: 10 mg; Kalium: 210 mg; Tembaga: 0.07 gram; Seng: 0.2 mg; Beta-Karoten: 384 mikrogram (mcg); Karoten total: 320 mcg; Thiamin (Vitamin B1): 0.07 mg; Riboflavin (Vitamin B2) 0.04 mg; Niasin: 0.7 mg; dan Vitamin C: 30 mg.

Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Genpi.co.

1. Menjaga kesehatan mata

Salah satu kandungan nutrisi pada buah tomat, yakni beta-karotene ternyata bisa membantu menjaga kesehatan mata.

Tomat mengandung antioksidan berupa beta-karotene, likopen, dan lutein yang memiliki manfaat untuk melindungi mata dari berbagai kerusakan mata, termasuk pembentukan katarak hingga degenerasi makula.

2. Menjaga kesehatan jantung

Penelitian di European Journal of Public Health menyebutkan bahwa kandungan likopen dan beta-karoten dalam tubuh bisa memengaruhi risiko terhadap serangan jantung.

Pasalnya, makin rendah kadar likopen dan beta-karoten, makin tinggi risiko mengalami serangan jantung.

Ada beberapa manfaat rutin mengonsums tomat yang ternyata baik untuk kesehatan dan juga bisa membantu mencegah serangan penyakit ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News