5 Seniman Keroncong Dapat Penghargaan, Waljinah Paling Spesial

5 Seniman Keroncong Dapat Penghargaan, Waljinah Paling Spesial
Waljinah saat menerima penghargaan sebagai pengabdi seni seumur hidup

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memberikan penghargaan pada lima seniman Keroncong dan satu pengamat musik, Minggu (7/11) malam. 

Waljinah, Sundari Soekotjo, Intan Soekotjo, Endah Laras, Sruti Respati dan Bens Leo menerima hadiah itu saat terlibat dalam Pagelaran Festival Keroncong 2021 Kota Surakarta hari pertama di Hall Center Terminal Tirtonadi. 

Teramat Spesial bagi Waljinah. Tepat  pada hari ulang tahunnya, Juara 1 Bintang Radio 1965 itu mendapat penghargaan khusus sebagai pengabdi seni seumur hidup.

Seniman keroncong yang saat ini genap berusia 76 tahun itu mendapat hadiah sketsa wajahnya saat masih berusia 15 tahun. 

"Saya sudah menjadi Bintang Radio seluruh Indonesia saat Presidennya masih Bung Karno,"katanya saat menerima penghargaan di atas panggung. 

Legenda Keroncong yang pernah mendapat gelar Ratu Kembang Kacang saat berusia 12 tahun itu sempat berpesan generasi muda yang saat ini sedang concern mendalami Keroncong.

"Saya ingin sekali melatih anak-anak muda sampai mereka betul-betul bisa menyanyikan lagu-lagu Keroncong,"ungkapnya.

Direktur Jendral Kebudayaan Kemendikbud Hilmar Farid menuturkan penghargaan itu diberikan karena pengabdian seorang Waljinah pada Keroncong. 

Waljinah, Sundari Soekotjo, Intan Soekotjo, Endah Laras, Sruti Respati dan Bens Leo menerima hadiah itu saat terlibat dalam Pagelaran Festival Keroncong 2021 Kota Surakarta.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News