50 Hektare Lahan Terbakar di Kawasan Gunung Bromo

50 Hektare Lahan Terbakar di Kawasan Gunung Bromo
Kondisi lahan terbakar di Gunung Bromo, Minggu (23/6). Sumber Foto: BPBD Pasuruan

jpnn.com - Kebakaran hutan kembali melanda kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), tepatnya di area Gunung Batok, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan, sejak Selasa, (18/6).

Berdasarkan informasi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan, kebakaran terjadi sekitar pukul 17:30 WIB melanda beberapa wilayah di Desa Mororejo, Podokoyo dan Dusun Kandangsari.

"Api dengan cepat menyebar di area hutan yang kering karena musim kemarau yang berkepanjangan," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dikutip dari siaran pers, Senin (24/6).

Dia mengatakan pihak berwajib masih melakukan penyelidikan untuk mengetahui penyebab pasti dari kebakaran, apakah disebabkan oleh faktor alam atau ulah manusia.

BPBD Pasuruan telah melakukan kaji cepat dan berkoordinasi dengan instansi terkait untuk penanganan kebakaran di kawasan Gunung Bromo.

"Tim gabungan melanjutkan proses pemadaman dan pembasahan menggunakan alat gepyok dan jetshooter," ucapnya.

Upaya evakuasi dan perlindungan warga di sekitar lokasi telah dilakukan untuk memastikan keselamatan penduduk setempat.

Tidak ada laporan korban jiwa akibat kebakaran tersebut. Kerugian materil sebanyak 50 hektare lahan terbakar akibat kebakaran ini.

BNPB melaporkan adanya lahan seluas 50 hektare terbakar di kawasan Gunung Bromo, Pasuruan, Jawa Timur. Begini kondisinya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News