57 Ribu Pemilih Golput

57 Ribu Pemilih Golput
57 Ribu Pemilih Golput
GORONTALO – Jumlah pemilih yang tidak menggunakan hak pilihnya alias golongan putih (golput) pada Pilgub 16 November lalu ternyata cukup banyak. Data sementara yang dirangkum Gorontalo di tiga daerah yakni Kota Gorontalo, Kabupaten Boalemo dan Bone Bolango, jumlah pemilih yang tidak memilih mencapai 57.781 orang.

Dari jumlah tersebut jumlah pemilih terbanyak yang golput berada di wilayah Kota Gorontalo, sebanyak 30.147 orang. Disusul Kabupaten Bone Bolango sebanyak 14.502 orang dan Boalemo sebanyak 12.863 orang.

Bila dibandingkan dengan jumlah pemilih yang tercatat dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), prosentase pemilih Golput masih didominasi di Kota Gorontalo. Yakni mencapai 22,98 persen dari jumlah DPT sebanyak 132.349 orang. Disusul Bone Bolango sebesar 14,56 persen dari jumlah DPT sebanyak 99.593 orang dan Boalemo sebesar 14,01 persen dari jumlah DPT sebanyak 91.839 orang.

Informasi yang dirangkum Gorontalo Post (JPNN Grup) mengungkapkan, banyak faktor yang melatar belakangi fenomena adanya pemilih yang tidak menggunakan hak pilihnya. Antara lain, keputusan dari pemilih yang bersangkutan untuk tidak memilih, serta adanya pemilih yang berhalangan hadir ke TPS.

GORONTALO – Jumlah pemilih yang tidak menggunakan hak pilihnya alias golongan putih (golput) pada Pilgub 16 November lalu ternyata cukup banyak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News