600 Muslim Syiah Terisolasi

600 Muslim Syiah Terisolasi
600 Muslim Syiah Terisolasi
KONFLIK kelompok muslim anti-Syiah dan Syiah di Sampang bukanlah kali pertama. Beberapa waktu lalu, konflik dengan isu agama tersebut sempat terjadi. Namun, berhasil mereda setelah pengikut Tajul Muluk diungsikan ke Lapangan Indoor di Sampang.

Konflik terus mereda setelah Tajul Muluk ditetapkan sebagai tersangka atas tuduhan penistaan agama, dan akhirnya divonis hukuman dua tahun penjara. Namun, ketenangan warga kembali terusik dengan konflik yang kembali pecah antara pengikut Tajul Muluk yang mengaku Syiah dengan warga setempat yang berbeda aliran.

Bahkan, konflik kali ini jauh lebih sadis. Dua orang meninggal dunia dan puluhan orang lainnya luka-luka. Tak hanya itu, sejumlah rumah juga menjadi sasaran amuk massa. Sedikitnya ada empat rumah rata dengan tanah setelah dibakar massa yang tidak menghendaki ajaran Tajul Muluk.

Kejadian tersebut mendapat sorotan dari sejumlah pihak. Baik pihak Syiah maupun dari kalangan Ahlussunah Wal Jamaah. Sekretaris Jenderal Ahlul Bait Indonesia Ahmad Hidayat maupun Sekretaris Badan Silaturahmi Ulama Madura (Basra) Badrut Tammam mengatakan, semua pihak telah kecolongan.     

KONFLIK kelompok muslim anti-Syiah dan Syiah di Sampang bukanlah kali pertama. Beberapa waktu lalu, konflik dengan isu agama tersebut sempat terjadi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News