67 Tahun Merdeka, Kemiskinan Masih Ada

67 Tahun Merdeka, Kemiskinan Masih Ada
67 Tahun Merdeka, Kemiskinan Masih Ada
JAKARTA – Ketua DPR Marzuki Alie mengakui kemiskinan masih mendera negeri ini kendati sudah 67 tahun merdeka. Ia menyatakan, kendati sudah ada kemajuan di berbagai bidang namun tetap saja kemiskinan tak bisa dihapuskan.

 “Utamanya, persoalan kemiskinan yang masih masih terus dirasakan,” tegasnya, Rabu (15/8), kepada wartawan, di Jakarta.  Menurutnya, persoalan kemiskinan bukan  hanya  berkaitan dengan kesenjangan pendapatan. Yang lebih kompleks lagi, katanya, kemiskinan juga menyangkut  ketidakberdayaan, ketiadaan pengetahuan dan ketrampilan, serta kelangkaan akses pada modal dan sumberdaya.

               

“Namun demikian, hendaklah dipahami bahwa kemiskinan ini juga bisa sebagai akibat dari faktor-faktor lain yang saling berhubungan sehingga menimbulkan pemahaman yang krusial, mana yang lebih dahulu seperti antara telor dan ayam, antara miskin dan bodoh,” katanya.

Mantan Sekjen Partai Demokrat itu mengatakan, setidaknya ada dua faktor utama yang menjadi penyebab kemiskinan selain faktor bencana alam atau kemiskinan alamiah. Dua penyebab itu adalah faktor struktural dan faktor kultural.

               

JAKARTA – Ketua DPR Marzuki Alie mengakui kemiskinan masih mendera negeri ini kendati sudah 67 tahun merdeka. Ia menyatakan, kendati sudah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News