7 Alasan Madura Layak Jadi Provinsi

7 Alasan Madura Layak Jadi Provinsi
Pulau Madura. FOTO: ist

jpnn.com - JAKARTA - Moh Nizar Zahro, wakil rakyat asal daerah pemilihan (Dapil) Jawa Timur XI (Kabupaten Bangkalan, Pamekasan, Sampang dan Sumenep) menilai desakan agar Madura menjadi sebuah provinsi sendiri sebuah ide yang realistis.

Hal ini disampaikan Nizar menanggapi menguatnya pembentukan Provinsi Madura yang diupayakan Panitia Persiapan Pembentukan Provinsi Madura (P4M), dalam beberapa hari terakhir. 

"Ada banyak pertimbangan umum yang cukup rasional untuk membentuk Provinsi Madura," kata Nizar melalui pesan singkat, Senin (9/11).

Pertimbangannya, pertama, masyarakat Madura memiliki kesamaan mentalitas dan budaya. Kedua, dari faktor geopolitik, Madura memiliki peluang dan prospek. Ketiga, Madura memiliki jumlah penduduk yang hampir mendekati lima juta jiwa.

Keempat, pulau Madura kurang terjangkau oleh manajemen pemerintah daerah Jatim dan pemerintah pusat. 

Sedangkan alasan kelima adalah Madura memiliki potensi dan sumber daya yang belum sepenuhnya dikelola secara baik. Bahkan cenderung dikuasai perusahaan asing.

"Ada perusahaan asing seperti Petronas, Petro China, Santos yang menguasai blok ofshore (lepas pantai) sepanjang garis pantai selatan dan laut utara yang menghasilkan gas dan minyak bumi melimpah," ujar Nizar.

Alasan keenam, lanjut politikus Gerindra itu, konsep pembangunan yang baik adalah konsep pembangunan yang kolektif dan integrated serta tidak parsial. 

JAKARTA - Moh Nizar Zahro, wakil rakyat asal daerah pemilihan (Dapil) Jawa Timur XI (Kabupaten Bangkalan, Pamekasan, Sampang dan Sumenep) menilai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News