7 Pesan Menaker Ida Fauziyah Saat Berdialog dengan Pekerja Migran di Malaysia

7 Pesan Menaker Ida Fauziyah Saat Berdialog dengan Pekerja Migran di Malaysia
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah saat menemui dan berdialog dengan pekerja migran yang berada di Malaysia, Sabtu (18/3). Foto: Dokumentasi Humas Kemnaker

jpnn.com, KUALA LUMPUR - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah memberikan tujuh pesan saat menemui dan berdialog dengan para pekerja migran Indonesia (PMI).

Pertama, Menaker Ida Fauziyah berpesan kepada PMI agar mematuhi peraturan-peraturan yang berlaku dan bekerja dengan baik dan disiplin sesuai dengan tugas kerjanya.

"Jangan menyepelekan pekerjaan, tetap perhatikan unsur-unsur keselamatan kerja untuk diri kalian semua. Gunakan alat-alat kerja sesuai dengan SOP-nya," pesan Menaker Ida Fauziyah kepada para PMI di Malaysia, Sabtu (18/3).

Kedua, Menaker Ida Fauziyah meminta para PMI agar menjalani pekerjaan sesuai dengan perjanjian kerja dan sesuai dengan jangka waktu kontrak yang sudah disepakati dan ditandatangani, serta menjauhi pikiran untuk kabur dari tempat kerja.

Jika menemui permasalahan atau hal-hal lain yang dinilai dapat membahayakan kondisi saudara, Menaker menyarankan agar para pekerja migran menyampaikan dengan baik ke mandor ladang atau pengurus personalia Sime Darby atau ke KBRI untuk membantu penyelesaiannya.

"Jangan kabur. Kabur bukanlah solusi, karena kabur adalah awal mula dari permasalahan dan akan timbul permasalahan lainnya," ujar Menaker Ida Fauziyah mengingatkan.

Ketiga, Menaker Ida Fauziyah menyampaikan pentingnya berdoa agar selalu diberikan kemudahan dan selalu dalam perlindungan Tuhan.

"Bekerja memang penting, tetapi berdoa tidak kalah penting. Kita manusia hanya bisa berusaha yang terbaik, dan Tuhanlah yang menentukannya," ucap Menaker.

Menaker Ida Fauziyah memberikan 7 pesan saat menemui dan berdialog dengan pekerja migran di Malaysia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News