9 Masalah Emosional yang Bisa Menular

9 Masalah Emosional yang Bisa Menular
9 Masalah Emosional yang Bisa Menular

jpnn.com - PILEK, batuk, bahkan menguap memang bisa menular pada orang lain. Lebih dari itu, kondisi emosional dan perilaku seseorang juga ada yang menular.

Sebab, tanpa disadari seringkali kita berbagi info kepada orang lain melalui bahasa tubuh atau ekspresi wajah. Berikut ini kondisi emosional seseorang yang juga bisa ditularkan kepada orang lain

1. Stres

Penelitian Neuroscience Social di Maret 2012 menemukan bahwa hanya melihat orang yang cemas bisa menaikkan kadar kortisol dalam tubuh. Penelitian lain dari Social Cognitive & Affective Neuroscience menemukan bahwa orang bisa jadi lebih waspada bila terpapar bau keringat dari orang yang sedang stres.

"Isyarat ini bisa mempersiapkan kita pada potensi bahaya yang ada," kata profesor teknik biomedis di Stony Brook University School of Medicine di New York, Lillianne R Mujica-Paordi, PhD, seperti dilansir laman Woman's Day, Kamis (13/3).

2. Target pencapaian

Studi tahun 2012 menemukan bahwa sebuah objek akan lebih diminati seseorang ketika ada pihak lain yang ingin mendapatkan objek tersebut. Menginginkan apa yang dimau orang lain bisa membuat kita belajar bahwa sesuatu akan lebih berisiko dan memakan waktu ketika dicoba sendiri.

3. Kesepian

PILEK, batuk, bahkan menguap memang bisa menular pada orang lain. Lebih dari itu, kondisi emosional dan perilaku seseorang juga ada yang menular.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News