90 Menit yang Menentukan

90 Menit yang Menentukan
COME ON - Suporter Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta. Foto: Hendra Eka/Jawa Pos.
JAKARTA - Tiba saatnya penentuan. Ya, laga kedua alias return leg final Piala AFF 2010 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Rabu (29/12) malam ini, harus jadi penentu kiprah timnas Garuda. Apakah memang bakal bisa memenuhi harapan besar semua orang untuk meraih prestasi juara, ataukah (kembali) hanya bisa menyaksikan trofi juara itu ada di pangkuan lawan (di hadapan pendukung sendiri pula)?

Pertandingan malam inilah yang akan menentukan jawabannya. Dan ini akan jadi laga yang sulit serta penuh perjuangan. Pasalnya pula, sempat digadang-gadang sebagai favorit juara, dengan hasil sempurna (kemenangan) sejak babak penyisihan hingga semifinal, nyatanya tim Merah Putih harus takluk kepada Malaysia dalam laga pertama final, di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Minggu (26/12) lalu. Tak tanggung-tanggung. Gawang Markus Haris Maulana harus kebobolan tiga gol tanpa balas.

Berat, itu pasti. Sebagaimana juga sudah langsung diakui dan disebut oleh pelatih Indonesia, Alfred Rield, seusai pertandingan Minggu lalu. "Selamat kepada Malaysia. Sekarang mereka (adalah) tim favorit juara," katanya dalam konferensi pers pasca pertandingan, sembari menyebut bahwa peluang Indonesia sendiri (untuk juara) kini mungkin tinggal 10 persen saja.

Tapi, di mata pendukung tim Merah Putih yang jumlahnya barangkali sudah bisa disebut hampir sebanyak penduduk negeri ini, meski cukup banyak yang sedih, kecewa dan patah arang, optimisme masih terus terjaga. Banyak juga yang masih meyakini, Garuda bakal dapat membalas kekalahan dari Harimau Malaya - julukan timnas Malaysia - tersebut di GBK malam ini.

JAKARTA - Tiba saatnya penentuan. Ya, laga kedua alias return leg final Piala AFF 2010 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Rabu (29/12)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News