93 Tahanan Kabur di Sepanjang Tahun

93 Tahanan Kabur di Sepanjang Tahun
93 Tahanan Kabur di Sepanjang Tahun
JAKARTA - Indonesia Police Watch mencatat sepanjang tahun 2012 ada 93 tahanan yang kabur dari 26 kantor polisi di seluruh Indonesia. Mulai dari Kepolisian Sektor, Kepolisian Resor hingga sel tahanan Kepolisian Daerah.

"Larinya 93 tahanan ini membuat kepercayaan publik pada Polri makin melorot," kata Ketua Presidium IPW Neta S. Pane, Senin (24/12). Neta mengatakan, kaburnya 93 tahanan dari markas polisi ini menunjukkan Polri tidak serius dalam mengawasi para pelaku kriminal yang sudah tertangkap.

Neta menyatakan, tahanan yang kabur terbanyak dari polsek. Ada 14 polsek yang kebobolan hingga 64 tahanannya kabur. Urutan kedua adalah polres. Ada tujuh polres yang kebobolan hingga 12 tahanannya kabur. Posisi ketiga, polda. Ada lima polda yang kebobolan hingga 17 tahanannya kabur.

"Polda Sumut menduduki ranking tertinggi dalam hal tahanan kabur di tahun 2012 ini," imbuhnya. Dijelaskan, ada tujuh kasus pelarian tahanan di wilayah hukum Polda Sumut, dengan jumlah tahanan yang kabur sebanyak 37 orang. Mereka kabur dari tiga polsek, dua polres, dan polda. Ranking kedua adalah Polda Metro Jaya ada 13 tahanan yang kabur.

JAKARTA - Indonesia Police Watch mencatat sepanjang tahun 2012 ada 93 tahanan yang kabur dari 26 kantor polisi di seluruh Indonesia. Mulai dari Kepolisian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News