96 Daerah Antre Dimekarkan

96 Daerah Antre Dimekarkan
96 Daerah Antre Dimekarkan
JAKARTA -- Saat ini pemerintah pusat sedang melakukan evaluasi terhadap pemekaran sejumlah daerah di tanah air. Banyak diantaranya yang dianggap kurang berhasil sehingga pemekaran pun bisa dikatakan tak ada manfaatnya.

Alhasil, puluhan daerah yang juga ingin memekarkan diri kini belum bisa diproses. “Laporan yang DPD terima ada sekitar 96 daerah yang menanti pemekaran. Berkasnya sudah masuk tapi belum bisa diproses,” kata anggota Komite IV DPR RI, Marhani Pua, Senin (21/3).

Menurutnya, langkah pemerintah melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang melakukan evaluasi terhadap hasil pemekaran sebelumnya sangat tepat. “Tujuan dari pemekaran itu agar daerah yang memisahkan diri dari induknya bisa maju. Kalau ternyata banyak yang malah makin terbelakang berarti ada yang salah,” nilainya.

Hanya saja, kata Pua, bukan berarti semua daerah hasil pemekaran gagal. “Sama halnya dengan sejumlah daerah dari 96 yang mengajukan permohonan. Memang ada beberapa yang sangat layak dan sebaiknya dimekarkan,” katanya.

JAKARTA -- Saat ini pemerintah pusat sedang melakukan evaluasi terhadap pemekaran sejumlah daerah di tanah air. Banyak diantaranya yang dianggap

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News