Ada Anggaran Siluman Rp 1,47 T di Empat Dinas

BPKP Juga Temukan 191 Penerima Bansos Fiktif

Ada Anggaran Siluman Rp 1,47 T di Empat Dinas
Ada Anggaran Siluman Rp 1,47 T di Empat Dinas

jpnn.com - JAKARTA PUSAT - Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) menemukan anggaran siluman Rp 1,471 triliun. Angka itu didapat setelah BPKP melakukan audit terhadap APBD DKI Jakarta 2012.

Anggaran siluman itu didapat di empat satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang memiliki anggaran besar dalam APBD 2012. Yakni, Dinas Pekerjaan Umum (PU), Dinas Pendidikan (Dispendik), Dinas Perhubungan (Dishub) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI.

Kepala BPKP Mardiasmo mengungkapkan bahwa setelah melakukan audit terhadap APBD 2012, pihaknya menemukan adanya program-program di empat SKPD itu yang tidak sesuai antara prosedur penyusunan program dan penganggarannya. Dia menjelaskan, awalnya dalam APBD DKI Penetapan 2012, BPKP menemukan anggaran siluman Rp 1,068 triliun.

Lalu, setelah dilakukan pemeriksaan lebih mendetail, anggaran siluman itu bertambah lagi sehingga total menjadi 1,471 triliun. "Kami menemukan kegiatan baru yang muncul tiba-tiba atau istilahnya anggaran siluman di tahun anggaran 2012 lalu,'' kata Mardiasmo kepada wartawan seusai Semiloka Koordinasi dan Supervisi Pencegahan Korupsi di Provinsi DKI di Balai Kota Jakarta, Rabu (30/10).

Tak hanya pada APBD Penetapan, BPKP juga menelusuri APBD Perubahan. Hasilnya, ditemukan anggaran siluman untuk program bantuan sosial (bansos) dari pemprov sebesar Rp 8,32 miliar. Anggaran bansos itu diberikan untuk 191 penerima baru, padahal fiktif.

Dia menengarai ada koordinator yang telah mengoordinasikan penerima bansos dan hibah dari DKI. Koordinator itu akan mendapat bayaran dari pencairan anggaran bansos dan hibah per penerima.

"Anggaran siluman ini tidak sesuai dengan prosedur pembahasan anggaran. Ujug-ujug muncul. Jumlahnya tidak kecil lho. Yang jadi pertanyaannya, ini masukan siapa sehingga ada anggaran siluman," tuturnya.

Mardiasmo meminta pemprov segera menerapkan e-budgeting untuk penyusunan APBD. Jadi, keberadaan anggaran siluman diharapkan dapat dihilangkan. "Saya hanya mengingatkan bahwa penyusunan hingga penetapan APBD Penetapan dan APBD Perubahan sangat rawan. Meski sudah disahkan, bisa saja di dalammya tiba-tiba muncul anggaran siluman. Saya minta ini segera dicermati dan segera diterapkan e-budgeting," ungkap dia.

JAKARTA PUSAT - Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) menemukan anggaran siluman Rp 1,471 triliun. Angka itu didapat setelah BPKP melakukan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News