Ada Bakteri E-Coli di Air Galon

Ada Bakteri E-Coli di Air Galon
Ada Bakteri E-Coli di Air Galon
KERINCI- Ternyata tidak semua depot air galon yang beroperasional di Kabupaten Kerinci memenuhi sertifikat laik konsumsi. Buktinya, Dinas Kesehatan Kerinci menemukan air isi ulang yang sudah terkontaminasi bakteri Escherichia Coli (E-Coli). Bakteri yang dapat menyebabkan diare tersebut, ditemukan setelah Dinas Kesehatan melakukan pemeriksaan 200 sampel air dari depot air isi ulang yang ada di Kabupaten Kerinci.

Kepala Dinas Kesehatan Kerinci, Raflizar Skm M Kes mengatakan, air yang mengandung bakteri E-Coli sangat membahayakan kesehatan masyarakat pengguna. Konsumen akan  sakit perut dan diare. Namun Raflizar tidak menyebutkan depot air isi ulang yang telah mengandung bakteri tersebut. Dia beralasan, tidak ingin meresahkan masyarakat.

“Sejumlah depot air isi ulang yang mengandung bakteri E-Coli sudah kita rekomendasikan untuk tutup. Kita juga telah memberikan penjelasan kepada pemiliknya. Intinya, air yang dikelolanya tidak layak dikonsumsi lagi,” jelasnya.

Setiap tahun, lanjut Raflizar, Dinkes mengambil sampel air dari depot isi ulang yang dikelola masyarakat untuk dipersiksa di labkesda. “Sampelnya mencapai ratusan, karena depot air isi ulang terus tumbuh. Kita memeriksa kandungan airnya, jangan sampai merusak kesehatan masyarakat,” terangnya.

KERINCI- Ternyata tidak semua depot air galon yang beroperasional di Kabupaten Kerinci memenuhi sertifikat laik konsumsi. Buktinya, Dinas Kesehatan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News