Ada Skenario Besar Berangus Partai Gurem

Ada Skenario Besar Berangus Partai Gurem
Ada Skenario Besar Berangus Partai Gurem
JAKARTA – Sekretaris Pelaksana Harian (Plh) Pimpinan Kolektif Nasional (PKN) Partai Demokrasi Pembaruan (PDP), Didi Suprianto, menduga ada skenario agar Pemilu 2014 nanti hanya diikuti partai politik pemilik kursi DPR. Menurutnya, skenario itu sejak awal sudah terlihat dengan ketentuan di UU Pemilu yang mengatur partai pemilik kursi DPR RI tak perlu menjalani proses verifikasi. Belakangan, ketentuan itu dibatalkan Mahkamah Konstitusi (MK).

“Jadi memang sejak awal, pemerintah dan parpol Senayan diduga telah membuat skenario besar, agar Pemilu 2014 hanya diikuti oleh mereka saja dengan menggunakan isu penyederhanaan jumlah parpol,” kata Didi saat menjadi pembicara dalam diskusi di Media Center Bawaslu, Jakarta, Jumat (28/12).

Didi menambahkan, skenario itu juga terlihat dari ketentuan di UU Pemilu yang mengharuskan kepengurusan parpol di seluruh provinsi, 75 persen Kabupaten/Kota di setiap provinsi, serta 50 persen kecamatan di setiap kabupaten/kota yang dilengkapi dengan Kartu Tanda Anggota (KTA). PDP yang pada Pemilu 2009 lalu hanya mendapat 0,86 persen dari suara sah nasional itu menganggap syarat itu sangat sulit dipenuhi.

"Syarat itu sulit dipenuhi, termasuk parpol Senayan yang mendapat dana pembinaan parpol dari APBN, apalagi parpol non Senayan yang sama sekali tidak memiliki dana. kecuali parpol kapitalis yang mempunyai ketersediaan dana yang tidak terbatas," ujarnya. (gir/jpnn)

JAKARTA – Sekretaris Pelaksana Harian (Plh) Pimpinan Kolektif Nasional (PKN) Partai Demokrasi Pembaruan (PDP), Didi Suprianto, menduga ada


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News