Ajang KMHE 2024 Bukti Komitmen Kemendikbudristek Dalam Keberlanjutan

Ajang KMHE 2024 Bukti Komitmen Kemendikbudristek Dalam Keberlanjutan
Salah satu peserta Kontes Mobil Hemat Energi atau KMHE 2024. Foto dok. Kemendikbudristek

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), melalui Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), Pusat Prestasi Nasional, kembali menggelar Kontes Mobil Hemat Energi atau KMHE 2024.

Tahun ini, peserta KMHE akan dituntut untuk mewujudkan kendaraan hemat energi dalam dua kategori, yaitu Prototype dan Urban Concept. 

Ajang perlombaan tingkat nasional ini berlangsung di Sirkuit Carnaval Ancol, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, mulai 5 - 10 Oktober 2024. 

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Kemendikbudristek Abdul Haris mengatakan, di era modern ini, perkembangan teknologi dan tuntutan keberlanjutan menjadi pilar penting dalam proses pembangunan nasional. Kendaraan hemat energi bukan hanya sekadar tren, melainkan kebutuhan yang harus diwujudkan. 

"Ajang KMHE merupakan wujud nyata Kemendikbudristek dalam mewujudkan pilar penting tersebut,” ujar Dirjen Abdul Haris dalam pembukaan KMHE tingkat nasional 2024.

Dia menambahkan, ajang KMHE sangat relevan dengan tantangan di masa depan. Menurutnya, kompetisi ini tidak hanya mendorong para mahasiswa untuk merancang dan membangun kendaraan dengan efisiensi bahan bakar yang tinggi, tetapi menanamkan kesadaran bahwa masa depan transportasi ada di tangan mereka.

KMHE memiliki peran penting dalam mengembangkan minat, bakat, kreativitas, inovasi, dan berpikir kritis mahasiswa dalam melihat permasalahan di keseharian dalam berkehidupan tentang kendaraan hemat energi. 

"Ajang ini sekaligus menjadi pembuktian atas karya kreatif dan inovatif mahasiswa sebagai hasil dari implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM),” ucapnya.

Ajang KMHE 2024 menjadi bukti komitmen Kemendikbudristek dalam mewujudkan keberlanjutan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News