Akhiri Mimpi El Tri

Akhiri Mimpi El Tri
Arjen Robben. Foto: dok. JPNN

jpnn.com - FORTALEZA - Meksiko menjadi salah satu tim kuda hitam dalam Piala Dunia 2014 ini. Buktinya, selama fase grup, El Tri - julukan Meksiko - tidak pernah tersentuh kekalahan. Bahkan, bermain melawan tuan rumah Brasil pun, Meksiko tetap menjaga rekor tanpa kalahnya.

Hasil sempurna selama fase grup lalu meneruskan tradisi Meksiko melenggang ke babak 16 Besar. Hanya, di babak 16 Besar kali ini, tim asuhan Miguel Ernesto Herreira Aguirre tersebut menemui tantangan cukup berat. Bukan lagi Brasil, tetapi Belanda yang superior agresivitas golnya.

Belanda mencatatkan statistik berbanding terbalik dengan Meksiko. Jika Meksiko punya keunggulan dari pertahanannya yang rapat, maka Oranje - julukan Belanda - lebih ganas dalam mencetak gol. Pertarungan di Estadio Castelao, Fortaleza malam nanti bakal jadi penentu krusial langkah Meksiko.

Apalagi, jika mengacu dari catatan statistiknya selama berkancah di Piala Dunia, babak 16 Besar selalu menjadi finish terbaik bagi tim penguasa Zona CONCACAF itu. Terakhir kali, Meksiko mampu melaju lebih jauh dari babak 16 Besar adalah pada Piala Dunia 1986 dengan lolos ke babak perempat final di negerinya sendiri.

Hanya, keunggulan dari sisi pertahanan dipercaya bakal menjadi senjata ampuh untuk menjinakkan permainan menyerang ala Louis van Gaal. Satu-satunya gol yang merobek jala gawang Guillermo Ochoa saat meladeni perlawanan Kroasia lalu tidak akan terjadi kembali.

"Belanda bermain seperti komputer, sangat pintar dengan pemain berkualitasnya. Kami harus berhati-hati dengan mereka. Tapi ingat, mereka juga harus mewaspadai kami, karena kami akan bermain dengan gaya sepakbola kami sendiri, bermain untuk menang," ujar Ochoa seperti yang dilansir dari Mirror.

Hanya, untuk menaklukkan Belanda bukanlah hal yang mudah dilakukan Meksiko. Dari catatan pertemuannnya selama ini, terbukti Meksiko kesulitan menumbangkan Belanda. Kali terakhir Meksiko mampu mempecundangi Belanda sudah terjadi lebih dari 50 tahun yang lalu.

Hanya, penyerang Meksiko, Oribe Peralta menyebut bukan mustahil Belanda tumbang di Estadio Castelao.

FORTALEZA - Meksiko menjadi salah satu tim kuda hitam dalam Piala Dunia 2014 ini. Buktinya, selama fase grup, El Tri - julukan Meksiko - tidak pernah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News