Akhirnya, Brasil akan Berjumpa AS Lagi

Hasil Semifinal Piala Konfederasi 2009

Akhirnya, Brasil akan Berjumpa AS Lagi
KE FINAL - Para pemain Brasil, Kaka, Maicon, Ramires, Robinho dan lain-lain, merayakan gol satu-satunya yang dicetak Daniel Alves, dalam pertandingan semifinal Piala Konfederasi 2009 versus tuan rumah Afsel, Jumat (26/6) dinihari tadi WIB, di Stadion Ellis Park, Johannesburg. Foto: Reuters/Jerry Lampen.
JOHANNESBURG - Tim Samba Brasil akhirnya dipastikan juga melaju ke final Piala Konfederasi 2009, serta akan segera bersiap menghadapi Amerika Serikat (AS) yang sudah lebih dulu memastikan tempatnya. Kepastian itu dicatatkan Brasil, usai menaklukkan tuan rumah Afrika Selatan (Afsel) dengan skor tipis 1-0, dalam laga semifinal yang berlangsung ketat, di Stadion Ellis Park, Johannesburg, Kamis (25/6) malam waktu setempat, atau Jumat (26/6) dinihari WIB.

Ketatnya pertarungan semifinal kedua ini antara lain dapat dilihat dari alur serangan yang silih berganti antara kedua tim, yang pada pertandingan itu sama-sama mengembangkan permainan menyerang yang terbuka. Bahkan bagi Brasil sendiri, tanda-tanda kemenangan sama sekali belum terlihat hingga memasuki menit-menit akhir pertandingan. Namun berkat keputusan tepat pelatih Dunga yang memasukkan Daniel Alves beberapa saat sebelumnya, penantian Brasil akhirnya berbuah juga.

Tepatnya pada menit ke-88, usai Ramires terkena pelanggaran, persis di ujung kotak penalti Afsel, tendangan bebas pun dihadiahkan oleh wasit Massimo Busacca kepada anak-anak Selecao - julukan Brasil. Seperti sudah diperkirakan, Alves lah yang mendapat kehormatan mengambil tendangan tersebut. Walhasil, dengan ketenangan dan rasa percaya dirinya, pemain FC Barcelona itu sukses melesakkan si kulit bundar ke sisi dalam sebelah kiri gawang kiper Afsel, Itumeleng Khune, tanpa terbendung.

Tim Bafana-bafana Afsel sendiri sebenarnya bisa mengimbangi permainan Brasil dengan baik, bahkan kerap mengancam pertahanan Selecao di sepanjang pertandingan. Aksi-aksi kerjasama serangan yang mengalir cepat, atau kadang juga upaya solo dan tendangan keras, beberapa kali sempat membuat galau Dunga dan meresahkan timnya. Sementara, dukungan penuh suporter turut menyemangati penampilan impresif tak kenal lelah dari Siboniso Gaxa, Tsepo Masilela, Siphiwe Tshabalala, serta Steven Pienaar (yang justru terpilih sebagai Man of The Match, Red) dan kawan-kawan.

JOHANNESBURG - Tim Samba Brasil akhirnya dipastikan juga melaju ke final Piala Konfederasi 2009, serta akan segera bersiap menghadapi Amerika Serikat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News