Alat Berat Tambang Seharga Rp12,9 Miliar Tenggelam

Alat Berat Tambang Seharga Rp12,9 Miliar Tenggelam
Alat Berat Tambang Seharga Rp12,9 Miliar Tenggelam
TENGGARONG - Kapal karam kembali terjadi di Sungai Mahakam. Kapal jenis Landing Craft Tank (LCT) Niaga Jaya 68 yang mengangkut dua ekskavator merek Caterpillar dan tiga unit articulated hauler (dump truck) merek Volvo terbalik di perairan Desa Rempanga Km 9, Kecamatan Loa Kulu, Kutai Kartanegara (Kukar).

Informasi yang dihimpun media ini, peristiwa terjadi sekira pukul 15.30 Wita. Ketika itu, kapal LCT yang dinahkodai Ahmad Sandi (28), warga Kelurahan Sungai Kapih, Samarinda, mengangkut beberapa alat berat milik PT BMS dan bersandar di Dermaga CV Sulistya di Loa Kulu. Rencananya, pihak perusahaan akan membawa alat berat tersebut ke Melak, Kutai Barat (Kubar).

Kasubag Humas Polres Kukar Iptu Suwarno mengatakan, setelah selesai proses pemindahan alat berat dari darat ke kapal, LCT meninggalkan dermaga dalam kondisi baik. Namun, belum 20 menit kapal meninggalkan dermaga, LCT miring dan goyang. Awak kapal pun melepaskan jangkar. Karena panik, nakhoda meminggirkan kapal dengan kecepatan maksimum. Namun terlambat. LCT justru terbalik dalam hitungan menit. Alat berat yang diangkut pun tenggelam.

Namun, seluruh awak kapal beserta nakhoda Ahmad Sandi (28) berhasil menyelamatkan diri. Setelah kejadian, polisi dari Polsek Loa Kulu yang mendapat informasi dari warga langsung mendatangi lokasi kejadian.

TENGGARONG - Kapal karam kembali terjadi di Sungai Mahakam. Kapal jenis Landing Craft Tank (LCT) Niaga Jaya 68 yang mengangkut dua ekskavator merek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News