Alhamdulillah, Proses Status KEK Pariwisata Tanjung Kelayang Berjalan Mulus

Alhamdulillah, Proses Status KEK Pariwisata Tanjung Kelayang Berjalan Mulus
Tanjung Kelayang salah satu tempat wisata di Bangka Belitung. Foto: indonesia-tourism

jpnn.com - JAKARTA - Usulan Tanjung Kelayang dan Juru Seberang Belitung sebagai KEK - Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata berjalan mulus. 

Setelah proses administrasi di level Bupati Belitung dan Gubernur Babel berjalan cepat, proses di Kemenko Perekonomian pun berlangsung lancar. 

"Semua pihak, semua stakeholder sepakat dan menyetujui KEK baru di Belitung," sebut Hiramsyah Sambudhy Thaib, Ketua Tim Pokja Top-10 Destinasi, Kemenpar di Jakarta.
 
Hari ini, kata Hiram, proses sidang berlangsung di Kemenko Perekonomian. Menkeu Bambang Brodjonegoro, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Mendag Thomas Lembong dan Kepala BKPM Franky Sibarani menyetujui usulan itu. Semua persyaratan administratif yang dikawal Kemenpar sudah lengkap, dan tinggal menunggu persetujuan Presiden Jokowi.

Menko Darmin Nasution menyatakan Belitung sudah sangat siap dan layak utk mendapatkan status KEK Pariwisata. "Lokasinya strategis hanya 45 menit terbang dari Jakarta maupun Singapura dengan daya tarik wisata alam (eco-tourism) dan budayanya. 

Semua persyaratan telah dipenuhi, pengusul adalah konsorsium swasta Dharmawangsa Group dan mendapatkan dukungan sepenuhnya dari pemkab dan pemprov. Tanah sudah berstatus HGB dan siap dikembangkan," ujar Menko Darmin. 

Menurut Darmin, pemerintah akan dukungan sepenuhnya dalam melengkapi infrastruktur (airport dan terutama listrik). 

"Tanjung Kelayang Belitung merupakan 1 dari 10 destinasi prioritas pariwisata yang telah ditetapkan Kemenpar. Berpotensi untuk menjadi destinasi utama pariwisata Indonesia menyumbangkan 1 juta wisman," jelasnya.

Alhamdulillah, Proses Status KEK Pariwisata Tanjung Kelayang Berjalan Mulus

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News