Alhamdulillah, TKI di Taiwan Segera Kantongi Kenaikan Gaji

Alhamdulillah, TKI di Taiwan Segera Kantongi Kenaikan Gaji
Alhamdulillah, TKI di Taiwan Segera Kantongi Kenaikan Gaji

jpnn.com - JAKARTA - Ini ada kabar baik dari Badan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI). Dari informasi yang disampaikan Deputi Penempatan BNP2TKI Agusdin Subiantoro, ternyata gaji para pekerja migran asal Indonesia yang kini mengadu nasib di Taiwan mengalami kenaikan.

Menurut Agusdin, kenaikan gaji TKI di Taiwan itu akan berlaku mulai 1 September nanti. “Kenaikan gaji untuk TKI yang bekerja di Taiwan memang menjadi prioritas,” katanya saat menerima sejumlah lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang memiliki kepedulian terhadap TKI di kantor BNP2TKI, kawasan Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis (20/8).

Sejumlah LSM yang hadir pada pertemuan itu antara lain dari perwakilan International Organisation for Migration (IOM), International Labour Organisation (ILO), Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI),  utusan Economic and Social Council (ECOSOC), serta sejumlah organisasi pekerja migran lainnya.

Baca juga: Gaji TKI PLRT di Taiwan Bisa Rp 7,2 Juta

Agusdin menjelaskan, untuk TKI sektor domestik atau penata laksana rumah tangga (PLRT) di Taiwan saja akan mendapat kenaikan gaji dari Dolar Taiwan Baru (TWD) 15.840 menjadi TWD 17.000. Jika dirupiahkan maka gaji PLRT pasca-kenaikan nanti sekitar Rp 7,2 juta.

Agusdin menjelaskan, BNP2TKI memang melakukan berbagai upaya agar TKI di Taiwan bisa terus mendapat kenaikan gaji. Misalnya, melalui kerja sama dengan perwakilan RI di luar negeri ataupun Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) di Taipeh.

Selain itu, BNP2TKI juga terus berkoordinasi dengan agensi para TKI di luar negeri dan Perusahaan Penyalur TKI Swasta (PPTKIS).  Menurutnya, badan pemerintah yang kini dipimpin Nusron Wahid itu juga berupaya agar kenaikan gaji itu bukan hanya untuk TKI yang sudah bekerja secara permanen. "Kenaikan upah juga harus dinikmati oleh TKI yang masih dalam amsa kontrak,” ucapnya.(ara/JPG/jpnn)

 

JAKARTA - Ini ada kabar baik dari Badan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI). Dari informasi yang disampaikan Deputi Penempatan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News