Alutsista TNI Harus Diaudit

Alutsista TNI Harus Diaudit
Alutsista TNI Harus Diaudit
JAKARTA - Komisi I DPR, Theo L Sambuaga menduga penyebab kecelakaan pesawat Hercules milik TNI Angkatan Udara, Rabu (22/5), pukul 06.30 WIB, di Desa Geplak, Kecamatan Karas, Magetan, Jawa Timur, bukan disebabkan karena faktor cuaca, tapi akibat kesalahan tidak adanya perawatan yang cukup pada alat utama sistem persenjataan (alutsista) di tubuh TNI.

"Diduga kecelakan itu bukan masalah dan faktor cuaca, tapi akibat kesalahan tidak adanya perawatan yang cukup pada alutsista itu," kata Theo, di DPR, Senayan Jakarta, Jumat (22/5).

Karena itu, lanjut Theo, harus ada audit menyeluruh untuk pengaturan semua alutsista TNI yang sudah rusak. Kalau perlu harus di grounded jangan dicoba perbaiki lagi.

Sebagai langkah awal untuk mengaudit, terang Theo, DPR RI dalam dua minggu ke depan akan memanggil Menteri Pertahanan dan Panglima TNI untuk membahas alat utama sistem persenjataan (alutsista). Bahkan kedua lembaga itu telah mengusulkan perlunya audit menyeluruh alutsista yang sudah menrenggut banyak nyawa. "Kita usahakan dalam dua minggu ini akan bertemu dengan departemen pertahanan dan Panglima TNI untuk membahas alutsista," tegas Theo L Sambuaga.

JAKARTA - Komisi I DPR, Theo L Sambuaga menduga penyebab kecelakaan pesawat Hercules milik TNI Angkatan Udara, Rabu (22/5), pukul 06.30 WIB, di Desa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News