Amankan Piala Konfederasi dengan Robot

Amankan Piala Konfederasi dengan Robot
Amankan Piala Konfederasi dengan Robot
SAO PAULO - Pengamanan ekstra bakal diterapkan Pemerintah Brasil menyambut Piala Konfederasi bulan depan. Bukan menambah personel pengamanan, melainkan mendatangkan puluhan robot. Nilai kontraknya mencapai Rp 69,9 juta.

Sebagaimana dilansir dari Associated Press, setidaknya 30 robot dipesan Pemerintah Brasil. Perusahaan produsennya, iRobot, merilis bahwa akhir tahun ini semua unit robot itu sudah dikirim ke Brasil berikut suku cadang dan alat-alat pendukung lainnya.

Nanti robot-robot itu disiagakan di enam kota host Piala Konfederasi. Inti tugas robot tersebut ada pada penanganan bahaya yang tidak bisa dijangkau manusia. ''Tujuan dari robot ini adalah menjaga operator dan orang lain supaya aman saat penyelidikan dilakukan,'' tulis sumber iRobot.

Setiap robot akan dilengkapi dengan kamera. Robot-robot itu bergerak dengan pengendali jarak jauh sehingga memungkinkan operator memeriksa setiap benda yang mencurigakan dan menjelajah lingkungan sekitarnya. Robot seperti ini pernah digunakan di Jepang saat menangani kebocoran di PLTN Fukushima pascagempa 2011.

SAO PAULO - Pengamanan ekstra bakal diterapkan Pemerintah Brasil menyambut Piala Konfederasi bulan depan. Bukan menambah personel pengamanan, melainkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News