Amburadul karena KPU Keluar Skenario

Amburadul karena KPU Keluar Skenario
Amburadul karena KPU Keluar Skenario
JAKARTA – Amburadulnya tahapan proses verifikasi partai politik banyak disebabkan  oleh penyelenggara pemilu yang tidak taat asas atas skenario yang dibuat Komisi II DPR . Padahal, sebenarnya KPU tinggal menjalankan aturan-aturan yang sudah tertuang dalam Undang-Undang Pemilu.

"UU Pemilu sudah mengatur secara mendetail terkait proses pemilu dari verifikasi hingga putusan hasil pemilu. Tapi, KPU tidak melakoni skenario dengan baik dengan mengumumkan hasil pemilu di dua tahapan verifikasi yaitu administrasi dan faktual," papar  Anggota Komisi II DPR Arif Wibowo, Rabu  (26/12).

Akibat semua itu, lanjut politisi PDIP ini, ya terjadi polimik hingga sampai pada sidang kode etik DKPP.  Terbukti sengketa pemilu sudah muncul sedari awal dan menambah kerja KPU seperti melakukan verifikasi faktual terhadap partai politik (parpol) yang tidak lolos verifikasi administrasi.

 “Sudah benar KPU melakukan verifikasi secara bertahap (verifikasi administrasi dan faktual). Nah, harusnya KPU sekali saja umumkan hasil pemilu supaya tidak terjadi hiruk pikuk seperti ini. Itu skenario dari pembuat UU Pemilu, kalau dijalankan pemilu akan mudah,” paparnya.

JAKARTA – Amburadulnya tahapan proses verifikasi partai politik banyak disebabkan  oleh penyelenggara pemilu yang tidak taat asas atas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News