Amerika Dilanda Kekeringan Terparah

Amerika Dilanda Kekeringan Terparah
Foto: The Telegraph
LOSANGELES - Tingginya suhu musim panas dan sedikitnya curah hujan selama berpekan-pekan di Amerika, memicu kemarau terparah dalam 25 tahun. Kekeringan terparah yang melanda Amerika Serikat ini mengancam kehidupan petani negeri tersebut. Pasalnya, komoditas utama hasil pertanian seperti jagung dan kedelai terancam gagal panen.

"Sekitar 61 persen dari luas tanah di Amerika kini kering, membuat sebagian besar pertanian tanaman jagung dan kedelai mengalami gagal panen," ujar Tom Vilsack Menteri Pertanian Amerika Serikat seperti dimuat The Telegraph (17/7).

Beberapa negara bagian yang dilanda kemarau umumnya terletak di bagian selatan Amerika, namun laporan terbaru para pejabat pertanian mengatakan lahan-lahan ladang di utara juga mulai kering. Amerika merupakan produsen utama jagung dan kedelai di dunia, dua tanaman yang digunakan untuk pakan ternak dan produksi pangan.

"Kemarau telah memicu kenaikan harga jagung dan kedelai, membuat harga jagung mencapai USD 7,8 per karung (Rp 74 ribu) atau melonjak 38 persen dalam beberapa pekan ini. Sementara harga kedelai mencapai yang tertinggi dalam empat tahun terakhir," ujarnya.

LOSANGELES - Tingginya suhu musim panas dan sedikitnya curah hujan selama berpekan-pekan di Amerika, memicu kemarau terparah dalam 25 tahun. Kekeringan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News