Amien Tuding KPK Lakukan Korupsi Halus

Hamburkan Uang Negara, KPK Lebih Baik Bubarkan Diri

Amien Tuding KPK Lakukan Korupsi Halus
Amien Tuding KPK Lakukan Korupsi Halus
BANDUNG - Mantan Ketua MPR Amien Rais mengusulkan agar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membubarkan diri. Amien menilai, KPK telah melakukan korupsi halus yakni menghamburkan uang negara tanpa hasil yang signifikan.

"KPK melakukan pemborosan. Karena jika dibandingkan antara biaya negara yang dikeluarkan dengan biaya yang dikembalikan ke negara itu lebih gede, sehingga timbul korupsi halus. KPK sama dengan korupsi halus," kata Amien usai mengisi kuliah umum di acara Konferensi Energi Nasional Mahasiswa Indonesia (KENMI) 2011 di kampus ITB, Jumat (25/3).

Dilansir Bandung Ekspres, Amien mengatakan, dalam setahun negara mengeluarkan uang hingga Rp450-500 miliar untuk operasional komisi antikorupsi itu. Sedangkan uang yang bisa disita KPK dari koruptor yang tertangkap hanya Rp150 miliar per tahun. Maka, kata dia, tak heran jika ada pihak yang ingin memangkas biaya KPK.

Meski meminta KPK membubarkan diri, namun Amien menilai pimpinan KPK masih diperlukan negara untuk membantu mengatasi korupsi di Indonesia. "Lebih elegan dan lebih ksatria kalau teman-teman KPK itu membubarkan diri kalau ternyata tidak bisa mengungkap kasus besar. Kecuali Mas Busyro (Ketua KPK Busyro Muqoddas) masih bisa dipakai, masih bagus," katanya kepada wartawan.

BANDUNG - Mantan Ketua MPR Amien Rais mengusulkan agar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membubarkan diri. Amien menilai, KPK telah melakukan korupsi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News