Ampas Bambu Bisa Gantikan Batubara

Ampas Bambu Bisa Gantikan Batubara
Ampas Bambu Bisa Gantikan Batubara
TASIK – Bambu merupakan tanaman dengan sejuta manfaat. Bahkan sisa potongan bambu yang sering dibuang bisa dijadikan sumber energi alternatif pengganti batu bara.

 

“Sisa bambu itu bisa diolah. Kalau ada sisa, atau ampas bisa diolah menjadi apa yang disebut pelet untuk energi yang terbarukan. Jadi itu (sisa bahan baku dari bambu, red) bisa dipres sedemikian rupa pengganti batubara. Kalorinya bambu itu kira-kira antara 4.500 sampai 5.000 tinggi sekali,” jelas Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan usai mengunjungi pabrik pengelohan bambu menjadi sumpit di Kecamatan Kawalu.

Potensi energi yang dihasilkan bambu ini, kata dia, saat ini sangat dibutuhkan negara-negara maju. Salah satu contoh, lanjutnya, sebuah perusahaan di Wonosobo Jawa Tengah yang telah mencoba mengelola sisa potongan bambu menjadi pelet dan berhasil mengekspor hasilnya ke beberapa negara maju seperti Korea, Jepang dan Amerika. “Memakai energi batu bara itu harus campur. Batu baranya 80 persen energi yang terbarukannya 20 persen,” paparnya.

Karenanya dia berharap masyarakat dapat menjaga lahan hutan yang ada di wilayah Kota Tasikmalaya dan memanfaatkannya dengan bijak agar memberikan keuntungan. Selain itu dia juga mengimabau seluruh masyarakat agar melakukan penanaman di lahan yang kosong. “Hutan (Kota Tasikmalaya, red) ya sudah dieksploitasi agak lama. Jadi sekarang tugasnya kita tidak boleh lagi ada tanah kosong. Semua harus menanam sekarang karena memang gundulnya sudah lama,” pungkasnya. (pee)

TASIK – Bambu merupakan tanaman dengan sejuta manfaat. Bahkan sisa potongan bambu yang sering dibuang bisa dijadikan sumber energi alternatif


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News