Anak Buah SBY Sarankan Presiden tak Lantik Komjen Budi

Anak Buah SBY Sarankan Presiden tak Lantik Komjen Budi
Anggota Fraksi Partai Demokrat DPR, Syarif Hasan . Foto: Dokumen JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Anggota Fraksi Partai Demokrat DPR, Syarif Hasan menyarankan, jika calon Kapolri Komjen Budi Gunawan lolos dalam fit and proper test di komisi III DPR, sebaiknya Presiden Joko Widodo tidak melantiknya.

"Paling bagus adalah mencabut (surat presiden). Kalau lolos di DPR sebaiknya itu (Budi Gunawan) tidak dilantik oleh Presiden (sebagai kapolri). Itu aja," kata Syarif Hasan di gedung DPR, Jakarta, Rabu (14/1).

Ketua Harian DPP Partai Demokrat ini menegaskan bahwa penolakan yang dilakukan terhadap uji kepatutan dan kelayakan Budi Gunawan sebagai calon Kapolri murni didasari status hukumnya di KPK.

Partai Demokrat menurutnya menilai mekanisme penunjukan kapolri oleh Presiden Jokowi sudah sesuai undang-undang. Jokowi juga sudah menjalankan hak prerogatifnya. Hanya saja dari sisi kepatutan, partai pimpinan Susilo Bambang Yudhoyono ini menilainya tidak tepat.

"Kan sudah jelas, status hukumnya itu salah satu, etiknya juga. Ya kita mempersilahkan untuk jalan terus fit and proper test, karena semuanya jadi pertimbangan. Kami tidak bisa berikan masukan atau intervensi. Kamis di partai melihat dari kepatutannya tidak pas, makanya kami tidak ikut," tandasnya.(fat/jpnn)

 

 

JAKARTA - Anggota Fraksi Partai Demokrat DPR, Syarif Hasan menyarankan, jika calon Kapolri Komjen Budi Gunawan lolos dalam fit and proper test di


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News